Tampilkan di aplikasi

Perjalanan Jakarta - Eropa

Majalah JIP - Edisi 191
6 Maret 2018

Majalah JIP - Edisi 191

Pasangan Paruh Baya Menempuh 60.000km Selama 8 Bulan dengan Fortuner. / Foto : Dok. Pribadi Teddy

JIP
Siapa menyangka dua orang suami istri ini nekat menempuh perjalanan selama 8 bulan dengan kendaraan pribadi? Sama-sama berusia 55 tahun ini bisa disebut kakek nenek menempuh perjalanan dari Jakarta - Asia - Eropa - Jakarta dengan Fortuner 4X4 keluaran 2011.

Teddy Unggul Witjaksono mengaku tergila-gila dengan merk Toyota, “Kami menggunakan kendaraan Toyota sudah lama, Fortuner ini bukan kendaraan pertama saya,” sambutnya. Dalam kesehariannya Teddy terbiasa dengan performa kendaraan Toyota, tak ditampik jika ia memilih Fortuner sebagai kendaran andalannya dalam menempuh trip Asia Eropa.

“Fortuner yang saya pakai ini adalah kendaraan keseharian kami, kehandalannya sudah teruji. Jadi saat memulai perjalanan tak ada persiapan khusus”, cetusnya. Bermula dari ingin melakukan sesuatu yang tidak mungkin jadi mungkin, itu yang membuat perjalanan ini akhirnya terlaksana pada 10 Mei 2017 - 3 Januari 2018.

Rencana keberangkatan bersama sang istri Retno Listrana Kusryanti sebenarnya sudah direncanakan pada bulan Maret, namun karena kendala visa Rusia kemudian diundur bulan Mei. Fortuner dikirim ke Singapura dilanjutkan dengan perjalanan dari Kuala Lumpur ke Thailand. Karena kurangnya referensi soal regulasi, pasangan ini terpaksa harus menarik kembali kendaraannya.

Fortuner miliknya ditolak masuk ke Thailand, “Kami membuang waktu lebih dari sebulan di Malaysia demi mengurus administrasi soal regulasi menggunakan kendaraan asing di Thailand”, ujar Teddy. Hal ini tentu saja jauh diluar rencana, akibatnya pasangan ini baru tiba di Mohanzen Cina pada 18 Juni 2017. “Perjalanannya jadi ter buru-buru karena batasan visa, ha nya 9 hari di Cina. Ketika kita sampai di kota malam, besok paginya kita harus jalan lagi”, ujar Listrana.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI