Tampilkan di aplikasi

Let's go overland

Majalah JIP - Edisi 195
13 Juli 2018

Majalah JIP - Edisi 195

Kini dengan Jeep Wrangler JK, Anda tak hanya mendapat jip off-road, namun juga tempat bernaung yang aman dan nyaman selama di alam bebas. / Foto : Dok. JIP

JIP
Demam overland tak hanya menjangkiti Indonesia. Di belahan dunia lain, banyak pilihan untuk menikmati keindahan alam atau tempat wisata off-road. Salah satunya adalah Amerika, yang terlebih dahulu menggandrungi overland. Beberapa edisi lalu JIP sempat menghadirkan sosok RV off-road atau 4x4 motorhome. Namun kini kami hadirkan sosok Jeep Wrangler JK yang mendapat sentuhan ala off-road camper. Lantas apa latar belakang para penggila overland memilih Jeep Wrangler JK sebagai platform membangun ala off-road camper.

Simpel, Wrangler JK memiliki dimensi paling kompak, sekaligus kemampuan off-road mumpuni. Selain itu, komponen aftermarket untuk Wrangler JK sangat melimpah. Keunggulan tersebut tak dimiliki full-sized pick-up dan medium truck. Meski memiliki dimensi yang kompak, tak menghalangi beberapa produsen off-road camper untuk membuat sebuah kabin camper yang nyaman. Wrangler JK Unlimited 4 pintu menjadi model favorit untuk disulap menjadi off-road camper karena memiliki dimensi lebih besar ketimbang model 2 pintunya.

Workshop American Expedition Vehicle atau AEV misalnya, yang memperkenalkan AEV OutPost II pada SEMA 2017 akhir tahun lalu. Meski baru sebatas konsep, namun mampu mendapatkan antusiasme luar biasa bagi para penggemar adventure atau overland di negeri Paman Sam tersebut. AEV mengkonversi Wrangler JK Unlimited sehingga cuma menyisakan kabin depan (single cabin).

setelah itu, pada kabin tengah dan belakang yang menyisakan sasis tersebut dipasangi kabin lengkap dengan camper top yang dapat disulap jadi tenda. Di dalamnya, terdapat semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan ekspedisi atau overland hingga berminggu-minggu lamanya. Keren kan? Tak hanya AEV, beberapa workshop lain seperti EarthRoamer, The Action Camper hingga Phoenix Pop-Up Campers juga menawarkan off-road camper yang menggunakan Wrangler JK sebagai platform-nya.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI