Tampilkan di aplikasi

Monster diesel

Majalah JIP - Edisi 196
6 Agustus 2018

Majalah JIP - Edisi 196

Di ajang debutnya, BroDozer akhirnya bertemu dengan sang legenda hidup Monster Jam Series, Grave Digger. / Foto : Dok. JIP

JIP
Pertama kalinya, mesin diesel tampil dijajaran elit tim Monster Jam Series lewat BroDozer Beberapa edisi lalu kami sudah membahas tentang ajang monster truck hingga kedatangan El Toro Loco saat Indonesian International Motor Show 2018 lalu. Atraksi pick-up raksasa bertenaga dahsyat memang selalu menarik untuk disimak. Termasuk kemunculan BroDozer yang disebut- sebut membawa perubahan radikal terhadap monster truck.

Sebenarnya kami sudah ‘mengintip’ sepak terjang BroDozer dalam beberapa bulan belakangan. Namun baru awal Juli lalu BroDozer benar-benar menampilkan sosok dan performa di hadapan publik. Anggapan fans monster truck yang menilai BroDozer membawa perubahan radikal dan fenomenal tentu bukan hal yang dilebihlebihkan.

Karena untuk pertama kali, monster truck bermesin diesel sukses menembus tim elit di ajang Monster Jam Series. Memang, BroDozer bukanlah yang pertama kali menggunakan mesin diesel di ajang Monster Jam Series. Empat tahun lalu, penggemar Monster Jam Series sempat dikagetkan dengan munculnya sosok monster truck bermesin diesel.

Monster tersebut bernama XDP Diesel yang dikendarai oleh Dave Radzierez. XDP Diesel atau juga dikenal dengan julukan ‘Smokin’ Monster’ ini menggunakan mesin V8 diesel dari Cummins yang telah di-custom dengan kepala silinder Hemi.

Namun karena beberapa alasan internal, popularitas XDP Diesel meredup sebelum sempat berjaya di jajaran tim elit Monster Jam Series. Sejak itu pulalah popularitas monster truk bermesin diesel kembali sirna. Sementara BroDozer menjadi monster truck pertama yang mampu menembus jajaran elit tim yang berlaga di Monster Jam Series.

Namun pada awal tahun 2018, dua kakak beradik asal Wood Cross, Utah, Heavy D dan Diesel Dave, memperkenalkan monster truck mereka yang dinamakan BroDozer. Dua kakak beradik ini sebelumnya terkenal dengan TV show garapan mereka yang tayang di channel Discovery, Diesel Brothers.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI