Tampilkan di aplikasi

Axial SCX10 Mercedes-Benz G-Class, handmade G-Class

Majalah JIP - Edisi 197
3 September 2018

Majalah JIP - Edisi 197

Mewujudkan bodi impian dengan kerajinan tangan. / Foto : Bimo SS

JIP
Kenangan masa kecil terkadang tidak bisa lepas begitu saja dari ingatan. Salah satunya kenangan mobil milik orang tua pada masa kecil pun bisa jadi kenangan yang akan terus diingat sepanjang masa. Hal tersebutlah yang oleh R. Ris Triono Agung, salah satu penghobi R/C Adventure dari Bandung.

Kenangan masa kecil dengan Mercedes-Benz G-Class keluaran 1986 milik Sang Ayah, membuatnya tergila-gilanya dengan G-Class. Segala macam mainan berbentuk buatan kolaborasi antara Steyr- Puch dan Mercedes-Benz ini pun tidak pernah luput dari incarannya.

RC Adventure kesayangan Agung Tokyo, panggilan akrabnya, pun tidak lepas dari MB G-Class. Tapi, mendapatkan bodi G-Class untuk R/C berskala 1/10 tidak semudah yang dibayangkan. Tidak tersedianya bodi G-Class di pasaran memaksa Agung untuk putar otak supaya mewujudkan R/C berbodi G-Class idamannya.

Akhirnya langkah Scratchbuild pun terpaksa dilakukan. Scratchbuild sendiri merupakan teknik membuat bodi R/C dari nol dengan menggunakan bahan yang bisa ditemui sehari-hari, seperti plastik atau kayu. Dengan bermodal referensi dari internet, die-cast, dan melihat langsung mobil aslinya, menuntun Agung untuk membuat bodi G-Class secara handmade.

Setelah menemukan dimensi bodi yang pas dengan kit R/C Axial yang menjadi basic RC Adventure nya, kerajinan tangan pun dimulai. Raw material plastik jenis styrene dipilih Agung untuk bahan bakunya. Material plastik lembaran dengan tebal 2 mm dan 1 mm yang biasa digunakan untuk pembuatan maket ini, nantinya dipotongpotong sesuai mall atau cetakan bodi G-Class.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI