Tampilkan di aplikasi

Kepincut 6x6 karena 4x4 saja tidak cukup

Majalah JIP - Edisi 215
11 Maret 2020

Majalah JIP - Edisi 215

Tidak heran kalau banyak baut di sasis, selain sambungan sasis, dudukan anyar untuk 4 link juga memanfaatkan penampang sasis yang tersisa

JIP
Mempunyai hobi merupakan salah satu obat mujarab untuk melepaskan diri dari penat. Bisa sedikit ‘kabur’ dari rutinitas sehari-hari dengan cara menyibukan diri menjalankan hobi ternyata membuahkan hasil untuk Ricky Suptan Sanusi, Ayah 2 anak yang kesehariannya berkutat di bidang kuliner ini untuk melepas stress. RC scale adventure offroad dipilih sebagai ‘obat yang paling manjur’.

Namun tidak serta merta membeli, pasang batre lalu langsung “main offroad” dengan RC nya. Berbekal Axial SCX10, Ricky ingin sesuatu yang beda. “Saya suka hal yang unik, me miliki sesuatu yang berbeda dari yang lain”. Tercetuslah ide merubah RC Adventure yang bawaan pabriknya sudah 4x4 menjadi berpenggerak 6x6. Tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Dari mulai mencari referensi, trial and error untuk menentukan panjang sasis, menentukan wheelbase, mendesain geometri 4 link suspensi, hingga menghubungkan antara kedua gardan belakang membutuhkan waktu sampai 4 bulan. Ditambah urusan ‘menambah daging’ hardbody Jeep JK 5 pintu yang harus dipotong-sambung untuk dirubah menjadi JK Double cabin dengan ruang fender extra besar di bak belakang supaya dapat menampung 2 roda tambahan lagi. Bahkan RC ini terpaksa menggunakan sepasang dinamo untuk menghela bobotnya.

Proses kastem seluruhnya pun dikerjakan sendiri oleh Ricky hingga RC scale JK 6x6 ini mirip dengan Jeep Wrangler JK 6x6 Hell Hog garapan rumah modifikasi Wild Boar Off Road dari California, Amerika Serikat. Rampung dengan rancang bangun body serta geometri kaki-kaki dan suspensi, tidak lupa Ricky menambahkan berbagai aksesoris di RC Adventure 6x6-nya. “Supaya terlihat makin sangar dan beda dari yang lain”, tutup pria berkacamata ini.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI