Tampilkan di aplikasi

Payudara

Majalah Kawanku - Edisi 25/2016
6 Desember 2016

Majalah Kawanku - Edisi 25/2016

Lakukan perabaan secara sistematis, bisa melingkar dimulai dari puting atau gerakan sejajar dari atas ke bawah.

Kawanku
Kapan saat yang tepat untuk memeriksa kesehatan payudara? DOKTER JUDI: Saat paling tepat untuk memeriksanya adalah sehabis menstruasi. Caranya, lakukan pengamatan di depan kaca dan perhatikan apakah besar kedua payudara tidak terlalu berbeda, letak kedua puting sama tinggi, dan kalau kedua lengan diangkat lalu ditaruh di belakang kepala, maka enggak ada bagian kulit yang tertarik ke dalam atau letak puting berubah.

Selanjutnya lakukan perabaan secara sistematis, bisa melingkar dimulai dari puting atau gerakan sejajar dari atas ke bawah. Bisa juga dengan membagi payudara menjadi empat kuadran kemudian merabanya secara sistematis. Kalau terasa ada benjolan atau ada rasa nyeri, berarti ada masalah.

Terakhir, pencet bagian puting dan apabila ada cairan yang keluar, berarti ada masalah. Segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu, perhatikan juga riwayat kista atau kanker payudra pada ibu, nenek, atau keluarga dekat lainnya karena kanker payudara bersifat genetik dan banyak ditemukan pada cewek yang mengalami obesitas, tidak menyusui anak dan sering keguguran.
Majalah Kawanku di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI