Tampilkan di aplikasi

Waspadai penyakit menular seksual ini

Majalah Kawanku - Edisi 25/2016
6 Desember 2016

Majalah Kawanku - Edisi 25/2016

Tercatat bahwa sekitar 20 juta penderita penyakit menular seksual (PMS) adalah remaja berusia 15 – 24 tahun.

Kawanku
Kita wajib tahu dan paham nih soal penyakit menular seksual yang banyak mengincar cewek. Agar kita jadi waspada dan jangan sampai tertular.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Amerika, tercatat bahwa sekitar 20 juta penderita penyakit menular seksual (PMS) adalah remaja berusia 15 – 24 tahun. Karena itu, penting bagi kita untuk mencari tahu dan paham soal PMS ini agar enggak tertular. Ada beberapa penyakit menular seksual yang lebih sering menyerang cewek dibandingkan cowok. Ini yang harus kita waspadai, nih.

Genital Herpes
Penyakit genital herpes juga lebih sering menyerang cewek ketimbang cowok. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV).

Gejalanya kadang enggak kelihatan karena virus ini mampu ‘bersembunyi’ dari sistem kekebalan tubuh di dalam sel-sel saraf dan bersifat laten. Saat kambuh, virus tersebut akan aktif dan bergerak menuju kulit melalui darah. Akibatnya akan muncul luka baru.

Ketika kita terkena genital herpes maka kita akan terus menderita penyakit ini karena penyakit ini enggak bisa disembuhkan. Tapi, dokter bisa memberikan obat untuk mencegah dan serta mengurangi sakitnya agar enggak menyebar lebih banyak lagi.
Majalah Kawanku di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI