Tampilkan di aplikasi

Buku Marja hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pangkal Penguasaan Bahasa Arab

1 Pembaca
Rp 59.000 15%
Rp 50.150

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 150.450 13%
Rp 43.463 /orang
Rp 130.390

5 Pembaca
Rp 250.750 20%
Rp 40.120 /orang
Rp 200.600

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

"Buku ini berisi kaidah-kaidah dasar bahasa Arab, yang disusun secara sistematis, singkat, dan praktis dengan bahasa yang mudah dipahami, disertai dengan contoh-contoh dan latihan-latihan.

Buku ini tidak hanya dapat digunakan oleh para mahasiswa, baik umum maupun agama, tetapi juga oleh para siswa sekolah umum dan agama, mulai dari siswa SD sampai SLA, santri-santri Pesantren, masyarakat umum, bahkan siapa pun yang ingin belajar bahasa Arab."

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A.

Penerbit: Marja
ISBN: 9786026297365
Terbit: Februari 2015 , 276 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

"Buku ini berisi kaidah-kaidah dasar bahasa Arab, yang disusun secara sistematis, singkat, dan praktis dengan bahasa yang mudah dipahami, disertai dengan contoh-contoh dan latihan-latihan.

Buku ini tidak hanya dapat digunakan oleh para mahasiswa, baik umum maupun agama, tetapi juga oleh para siswa sekolah umum dan agama, mulai dari siswa SD sampai SLA, santri-santri Pesantren, masyarakat umum, bahkan siapa pun yang ingin belajar bahasa Arab."

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Syukur alhamdulillah dan atas rahmat Allah Swt, penyusunan buku bahasa Arab ini dapat diselesaikan.

Semula buku ini merupakan diktat yang disusun untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa, terutama mahasiswa semester I Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin Makassar yang mulai tahun akademik 1985/1986 menempuh program studi Sistem Kredit Semester (SKS). Setelah diktat tersebut beredar di kalangan mahasiswa, bahkan di kalangan para guru madrasah dan pesantren, kepada kami diusulkan agar diktat tersebut dijadikan buku. Dengan dasar itulah, diktat ini lalu dijadikan buku seperti yang Anda lihat sekarang, setelah diadakan perbaikan di sana sini dan disetujui oleh Ketua Lembaga Bahasa IAIN Alauddin Makassar, H. Mustafa M. Nuri, LAS sebagai pembina mata kuliah Bahasa Arab di IAIN Alauddin Makassar.

Sesuai dengan namanya, buku ini berisi kaidah-kaidah dasar bahasa Arab yang materinya disesuaikan dengan kurikulum pengajaran bahasa Arab di IAIN. Kaidah-kaidah tersebut dijelaskan dengan bahasa Indonesia agar mudah dipelajari dan dipahami, termasuk oleh mereka yang berasal dari SMTA Umum yang sebelumnya tidak pernah mendapatkan pelajaran bahasa Arab secara formal, atau mereka yang baru memulai belajar bahasa Arab.

Setiap kaidah dijelaskan dengan contoh-contoh dalam kalimat dengan pola yang sederhana. Pada akhir setiap pelajaran diberikan latihan-latihan yang dimaksudkan agar pengajar dapat mengetahui dan mengecek sejauhmana pemahaman para pelajar terhadap materi pelajaran yang telah disajikan.

Pada bagian berikutnya diberikan beberapa judul bacaan dengan tujuan agar para mahasiswa/pelajar dapat mempelajari dan melatih diri membaca dan menguasai kosakata-kosakata baru yang tidak diberikan pada pelajaran-pelajaran qawa’id.

Buku ini diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan para guru dalam pengadaan buku paket dan membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi para pelajar yang pengetahuan bahasa Arabnya masih sangat minim, serta dapat memberikan motivasi bagi mereka yang baru memulai belajar bahasa Arab.

Kepada Allah jualah kita serahkan segala amal perbuatan kita.

Penulis

Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A. - Ahmad Thib Raya, lahir di Bima 21-4-1955. Di Bima ia menamatkan SD (1967), MTsAIN (1970), MAN (1973). Di Makassar meraih Sarjana Bahasa Arab pada Fakultas Adab IAIN Alauddin (1980) dan Sarjana Bahasa Inggris pada FPBS-IKIP (1986). Di Jakarta meraih MA (1990) dan Doktor (1998) dalam bidang Bahasa Arab pada Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah. Sejak 1982 hingga 1999 menjadi dosen tetap IAIN Alauddin, mengajar bahasa Arab dan Inggris di IAIN, UMI, Universitas Satria Ujung Pandang sejak 1977.

Kakak kandung Hamdan Zoelva (Ketua Mahkamah Konstitusi) ini memperoleh gelar Guru Besar (Profesor) 1999 di IAIN Alauddin. Sejak 1999 hingga sekarang menjadi Guru Besar pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Petunjuk untuk Guru
Daftar Isi
Pelajaran Pertama: Huruf-Huruf Alfabet, Abjad, dan Bilangan
     A. Bentuk Huruf Alfabet, Abjad, Bilangan, Serta Ejaan dan Bacaannya
     B. Bunyi Huruf dan Pengucapannya
     C. Bentuk Huruf Menurut Posisinya
     D. Bentuk Huruf dan Transliterasinya dengan Huruf Latin (Indonesia)
Pelajaran Kedua: Tanda Baca Pendek,
Pelajaran Ketiga: Kata-kata Bahasa Arab
Pelajaran Keempat: Pembagian Kata: Mufrad,
Pelajaran Kelima: Kata yang Tidak Tertentu
Pelajaran Keenam: Subyek dan Predikat
Pelajaran Ketujuh: Subyek dari Kata Penunjuk
Pelajaran Kedelapan: Subyek dari Kata yang Menggunakan Alif-Lâm
Pelajaran Kesembilan: Subyek dari Kata yang Menunjukkan Nama
Pelajaran Kesepuluh: Subyek dari Kata Ganti
Pelajaran Kesebelas: Predikat
Pelajaran Kedua belas: Predikat dari Kata Sifat
Pelajaran Ketiga Belas: Predikat dari Kata yang Menunjukkan Pelaku
Pelajaran Keempat Belas: Predikat dari Kata yang Menunjukkan Penderita
Pelajaran Kelima Belas: Predikat dari Kata yang Menggunakan Yâ’ an-Nisbah
Pelajaran Keenam Belas: Subyek dan Predikat
Pelajaran Ketujuh Belas:  Mendahulukan Predikat
Kamus
Kamus al-Asâs
Rujukan
Tentang Penulis