Tampilkan di aplikasi

Buku Marja hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Mahir Bahasa Arab

Penguasaan Mudah Dengan Contoh-contoh Praktis

1 Pembaca
Rp 45.000 15%
Rp 38.250

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 114.750 13%
Rp 33.150 /orang
Rp 99.450

5 Pembaca
Rp 191.250 20%
Rp 30.600 /orang
Rp 153.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

"Lebih mudah memahami petunjuk dasar penguasaan bahasa Arab. Di dalamnya memuat:
-Materi dasar bahasa Arab secara detail.
-Pemilahan kata perkata dengan menunjukkan jenis kata benda, kata kerja, kata tunggal, dua, dan jamak.
-Contoh contoh kalimat dan gramatikal yang disusun secara efektif dengan tujuan pembaca memahami topik dan subyek selangkah demi selangkah.
-Metode penggabungan satu kata ke kata lain dengan contoh yang efektif sehingga dalam masa 15 jam bisa memahami kerangka dasar bahasa Arab."

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Prof. Rafi’ el-Imad Faynan
Editor: Mathori A Elwa / Irwan Kurniawan, M.Ag.

Penerbit: Marja
ISBN: 9786237625254
Terbit: April 2015 , 213 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

"Lebih mudah memahami petunjuk dasar penguasaan bahasa Arab. Di dalamnya memuat:
-Materi dasar bahasa Arab secara detail.
-Pemilahan kata perkata dengan menunjukkan jenis kata benda, kata kerja, kata tunggal, dua, dan jamak.
-Contoh contoh kalimat dan gramatikal yang disusun secara efektif dengan tujuan pembaca memahami topik dan subyek selangkah demi selangkah.
-Metode penggabungan satu kata ke kata lain dengan contoh yang efektif sehingga dalam masa 15 jam bisa memahami kerangka dasar bahasa Arab."

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Pengajaran Bahasa Arab, khususnya bagi masyarakat non Arab, menawarkan berbagai tantangan. Para guru pengajar seringkali diminta merekomendasikan buku panduan yang baik, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna (user friendly). Materi pelajaran dan latihan dalam buku tersebut sebaiknya disusun secara bertahap, memandu pembaca langkah demi langkah mulai dari struktur yang sederhana hingga ke struktur yang lebih rumit (kompleks). Pada tahapan yang kompleks ini pembaca akan sangat memerlukan basis atau landasan yang kuat dari materi-materi dasar sebelumnya. Hal-hal yang membingungkan, tidak tepat atau tidak ‘logis’ terlebih pada bahasan materi dasar, akan membuat pembaca kehilangan semangat belajar atau menjadi tidak mengerti dan memahami bahasan-bahasan selanjutnya dengan baik. Walaupun dalam proses belajar bahasa, seorang guru yang baik, berpengetahuan luas, sabar dan pekerja keras mutlak dibutuhkan, akan tetapi pilihan buku panduan yang tepat juga berperan penting dalam keberhasilan belajar, apalagi bagi mereka yang ingin belajar secara mandiri. Buku yang bisa merangkum semua kebutuhan pembaca dengan tepat dan jelas, juga bisa menyampaikan isi yang terkandung di dalamnya secara efektif akan mendukung proses belajar bahasa ini mencapai yang terbaik.

Siapapun yang ingin mempelajari bahasa Arab mulai dari awal sekali bisa mengandalkan buku ini sebagai salah satu pedoman utama. Buku yang dirancang agar bisa dipahami dengan mudah bahkan oleh pembaca pemula ini memuat materi dasar awal tata bahasa Arab yang praktis dan bisa digunakan sebagai landasan yang sangat baik untuk pemahaman yang lebih komprehensif pada tingkat lanjut (ahli).

Buku yang memiliki bahasan unik tetapi tepat guna ini ditulis oleh Rafi’el Imad Faynan, seorang profesor Bahasa Arab dari Jamia Millia Islamia, New Delhi. Metode yang ditulis berdasarkan temuantemuan dari pengalaman mengajarnya yang efektif selama bertahuntahun dan juga keahlian serta luasnya pemahaman penulis yang sangat intens dalam belajar dan mengajarkan bahasa Arab, bukan hanya di lingkungan akademik, tetapi juga lingkungan keluarga yang sangat mendukung, membuat metode yang dipaparkan di sini sangat memuaskan bagi sejumlah besar masyarakat pengguna dan yang belajar bahasa. Tidak mengherankan, apabila buku ini telah digunakan sebagai panduan belajar di berbagai negara di Asia dan Afrika, bahkan sebagian negara Eropa dan Amerika Latin yang menggunakan Bahasa Inggris.

Mengingat metode bahasan yang dipergunakan itu sangat baik dan barangkali bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin belajar bahasa Arab mulai dari awal sekali, Penerbit Nuansa mempersembahkan terjemahan bahasa Indonesia buku tersebut kepada pembaca. Materi pengajaran dalam buku ini dibagi menjadi dua puluh bagian pelajaran, yang masing-masing berlandaskan pada dasar pemikiran dan tujuan utama sebagai berikut:

1. Materi dan tata bahasa yang diuraikan adalah materi paling mendasar, yang menyiapkan pembaca pada pembahasan yang lebih detail.

2. Materi pelajaran diuraikan dengan memberikan contoh-contoh secara efisien dalam kalimat yang memungkinkan pembaca memahami topik atau subyek yang dibicarakan langkah demi langkah.

3. Materi yang menggunakan kata benda atau kata kerja yang berjumlah jamak (plural) atau duaan (dual) baru diterapkan setelah materi pelajaran ke-15. Hal ini dimaksudkan agar pembaca cukup fokus dalam mempelajari penggunaan tata bahasa Arab pada kata benda atau kata kerja yang tunggal (singular) terlebih dulu, baru kemudian memahirkannya dengan menerapkannya kembali pada struktur kata berikutnya.

4. Dengan memberikan penjelasan mengenai perubahan dan perbedaannya, diharapkan ini dapat menyederhanakan persoalan kata kerja yang kompleks, yang hampir selalu membingungkan bagi kebanyakan mereka yang belajar bahasa Arab. Buku ini bisa dipergunakan bagi:

1. Pemula dari berbagai basis bahasa di sekolah maupun di universitas.

2. Kursus-kursus singkat.

3. Sarjana/pascasarjana.

Rancangan jadwal berikut ini mungkin bisa juga diterapkan: Semester Pertama 1. Pengenalan hingga Pelajaran 5 : Bulan pertama (15 jam) 2. Pelajaran 6 sampai 10 : Bulan kedua (15 jam) 3. Pelajaran 11 : Bulan ketiga (15 jam) 4. Pelajaran 12 : Bulan keempat (15 jam) Semester Kedua 5. Pelajaran 13 sampai 16 : Bulan kelima (15 jam) 6. Pelajaran 17 sampai 20 : Bulan keenam (15 jam) Demikian, semoga bermanfaat.

Penerbit MARJA

Daftar Isi

Sampul
Ucapan Terimakasih
Pengantar
Pendahuluan
Daftar Isi
Pelajaran 1: Subyek dan Predikat
Pelajaran 2: Kata Depan
Pelajaran 3: Subyek di Akhir dan Predikat di Depan
Pelajaran 4: Kata Ganti
Pelajaran 5: Mudhâf dan Mudhâf Ilaih
Pelajaran 6: Kata Sifat dan Kata yang Diberi Sifat
Pelajaran 7: Kalimat Bentuk Lampau, Pelaku, dan Obyek
Pelajaran 8: Kalimat Bentuk Kini
Pelajaran 9: Kalimat Perintah
Pelajaran 10: Kalimat Larangan/Negasi Kalimat Perintah
Pelajaran 11: Berbagai Istilah Penting
Pelajaran 12: Kata Kerja yang Lemah
Pelajaran 13: Keterangan Waktu
Pelajaran 14: Keterangan Tempat
Pelajaran 15: Fi’il yang Mempunyai Huruf Diulang
Pelajaran 16: Bentuk Dual dan Penerapannya dalam Kalimat Idhafi
Pelajaran 17: Bentuk Plural/Jamak Khusus
Pelajaran 18: Bunyi Maskulin Plural/Jamak dalam Kalimat Idhafi
Pelajaran 19: Bentuk Feminin Plural/Jamak
Pelajaran 20: Kata Kerja Pasif