Tampilkan di aplikasi

Saling sadap bagian dari kemajuan teknologi

Majalah Matra - Edisi 1017
14 Desember 2017

Majalah Matra - Edisi 1017

Penolakan datang dari kelompok yang bisnisnya terganggu, takut disadap KPK.

Matra
Indonesia kembali menjadi korban penyadapan yang dilakukan oleh intelijen Australia. Bahkan, Selandia Baru juga ketahuan menyadap jaringan telepon dan internet di seluruh Tanah Air. Hal itu terungkap dari data Edward Snowden, mantan kontraktor di Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA).

Dalam sebuah wawancara radio, disebutkan bahwa Selandia Baru aktif mengumpulkan data dari negara-negara tetangganya, baik itu Indonesia maupun negara kecil di Kepulauan Pasifik sepanjang 2009. Penyadapan di era pemerintahan Jokowi-JK ini dengan membobol PT Telkomsel dan PT Indosat. Jokowi sangat santai menanggapi kabar penyadapan tersebut.

Jokowi malah sempat melemparkan guyonan sadapan tersebut. “Sadap? Siapa yang sadap? enggak ada, saya juga enggak merasa disadap kalau pas ke Kebun Karet atau pas ke kantin banyak sadap (bumbu sedap) di sana, sadap menyadap di sana,” ujar Jokowi, sebelum bertolak ke Aceh di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu.

Siang itu, pertemuan kami dengan beberapa anggota DPR terpilih 2014- 2019 tidak secara sengaja dilakukan. Saat makan siang di Pasific Place Mall di Jakarta Selatan, seorang dari antara pria yang telah menjadi DPR periode lalu itu menyapa eksekutif, karena lama tak berjumpa.

Untuk kemudian, kami berkangen-kangenan. Obrolan membicarakan banyak hal. Dalam perbincangan tak sengaja itu, digambarkan bahwa apa yang terjadi dan dilihat oleh masyarakat, adalah bagian dari deal-deal “rahasia” di tempat yang lain.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI