Tampilkan di aplikasi

LP Sukamiskin, suka napi kaya tak membuat jera koruptor

Majalah Matra - Edisi 0111
29 Oktober 2018

Majalah Matra - Edisi 0111

Di media sosial ramai beredar foto mirip Setya Novanto berada di luar lapas Sukamiskin, Bandung.

Matra
Di media sosial ramai beredar foto mirip Setya Novanto berada di luar lapas Sukamiskin, Bandung. Dalam foto tampak pula terpidana kasus e-KTP, Anang Sugiana Sugihardjo dan sejumlah orang yang diduga pengawal narapidana.

Setya Novanto tampak memakai jaket hitam dan kemeja biru, sedangkan Anang memakai kemeja merah jambu. Keduanya tak memakai baju tahanan. Keterangan foto menyebutkan gambar diambil di rest area kilometer 97 tol Purbaleunyi arah Jakarta.

Tampak Setya Novanto yang tidak memakai baju tahanan. Setya yang sudah dieksekusi untuk menjalani masa penjara 15 tahun di Lapas Sukamiskin. Baru beberapa hari yang lalu, Pimpinan Ombudsman RI juga baru saja inspeksi mendadak ke Lapas Sukamiskin.

Terdapat beberapa temuan indikasi malaadministrasi seperti perbedaan luas kamar hunian, layanan antar satu penghuni dengan warga binaan lain, perbedaan fasilitas di kamar, hingga penyediaan televisi yang bukan kewenangan penghuni Lapas. Jika dibandingkan dengan tempat lain seperti Lapas Banceuy dan Lapas Wanita, standar operasional prosedur di Sukamiskin berkategori tidak patut.

Kategori tidak patut ini maksudnya, setiap memasuki pukul 17.00 WIB, seluruh penghuni harus masuk ke kamarnya masing-masing serta dikunci oleh petugas Lapas. Namun yang terjadi di Sukamiskin, penguncian hanya dilakukan di blok tahanan saja, sehingga warga binaan bisa keluar masuk kamar dengan leluasa. Ada televisi yang ada di selasar merupakan hasil patungan dari para penghuni.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI