Tampilkan di aplikasi

Lompatan luar biasa bisnis Dahana

Majalah Matra - Edisi 0320
2 Maret 2020

Majalah Matra - Edisi 0320

PT DAHANA (Persero)

Matra
Tak banyak yang tahu kiprah hebat perusahaan milik negara yang satu ini. Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki bisnis yang tak biasa, memproduksi berbagai jenis bahan peledak. Produknya digunakan untuk kepentingan industri pertambangan hingga militer.

PT DAHANA (Persero), nama BUMN ini, saat ini telah memiliki pabrikan bahan peledak berbagai produk. Di lihat dari sisi fisik bangunannya, menyerupai industri militer di negara-negara maju.

Desainnya begitu modern, namun tampil asri karena hampir sebagian besar bangunannya diselimuti rerimbunan pohon dan rumput. Tak menampakkan bangunan yang seram, seperti halnya produk peledak.

Di balik megahnya bangunan perusahaan ini, ternyata terselip kisah pilu yang pernah dialami perusahaan ini. Perusahaan yang dibangun sejak 1966 itu, hampir saja bangkrut pada 2001. Sempat terjadi persoalan pelik di internal perusahaan waktu itu.

“Sampai-sampai PT DAHANA mau PO bahan peledak ke beberapa penyedia tidak dilayani, karena kami tidak ada uang,” ujar Budi Antono, Direktur Utama PT DAHANA (Persero).

Mungkin saja, kala itu perusahaan plat merah ini sedang mengalami kesulitan banyak hal hingga titik nadir. Namun, berkat kegigihan para direksi yang mengalami perombakan, perusahaan ini tetap bertahan dan bangkit pada tahun 2004. “Tahun 2004 terjadi pergantian direksi lagi dan saya waktu itu jadi Direktur Operasi,” tambah Budi.

Sebelum 2004, PT DAHANA (Persero) telah menjalin kerjasama dengan perusahaan asing. Selama itu pula DAHANA hidupnya masih dalam bayang-bayang perushaan asing dan banyak bergantung kepada mereka. Sejak perombakan direksi baru itulah, perusahaan ini bangkit dari keterpurukan.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI