Tampilkan di aplikasi

Karyawan dibutuhkan atau tidak tergantikan?

Majalah Matra - Edisi 0320
2 Maret 2020

Majalah Matra - Edisi 0320

Mungkin tak ada pegawai yang tak tergantikan (irreplaceable). Namun, Anda bisa menjadi salah satu yang dibutuhkan atau harus ada (indispensable)

Matra
Jika posisi kita tak tergantikan, ini berarti memperkecil kesempatan kita untuk mendapat promosi. Kesempatan mengembangkan karier di perusahaan lain pun bisa mandek. Namun menjadi indispensable, membuat kita memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memajukan karier.

Dalam tiap pekerjaan, tentunya perusahaan memiliki kriteria penilaian terhadap hasil kerja karyawan dan akan memberikan apresiasi sesuai pencapaian karyawan tersebut. Jadi, sebagai karyawan, Anda tidak perlu hitung-hitung di awal.

Pastikan dulu hasil kerja Anda optimal, produktif, inovatif, skill berkembang, dan Anda memiliki visi dan misi yang sejalan dengan perusahaan. Hal ini sebagai kunci perusahaan dalam menilai kontribusi Anda.

Jika pada akhirnya penilaian dan apresiasi dari perusahaan tidak sesuai dengan harapan Anda, maka Anda bisa negosiasikan solusinya. Jadi, perbedaan mendasar antara indispenable (dibutuhkan) dan irreplaceable (tak tergantikan) dalam dunia pekerjaan perlu direnungkan.

Menjadi seseorang yang dibutuhkan berarti kita mampu memberikan dampak besar di mana pun kita berada. Ini lebih dari sekadar karakteristik seseorang, tetapi merupakan kombinasi dari cara pandang sekaligus keahlian yang dimilikinya.

Orang yang dibutuhkan umumnya mampu menangani berbagai macam proyek, menjalankan peran apa pun dengan baik, berani menghadapi setiap tantangan, serta dengan mudah membuat segalanya berjalan baik dan lancar. Ia seakan tahu apa yang harus dilakukan dan mampu memanfaatkan setiap skill yang dimilikinya.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI