Tampilkan di aplikasi

Kehadiran Satpol PP di tengah masyarakat

Majalah Matra - Edisi 0520
4 Mei 2020

Majalah Matra - Edisi 0520

Banyak kejadian jelek pol PP masa lalu, dimuat lagi. Saya selaku Dir pol PP Linmas Kemendagri, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, yang selalu mengingatkan kami. Walaupun kejadiankejadian sudah lama berlalu. Tetapi ini, merupakan kecintaan masyarakat pada Pol PP Linmas untuk selalu memperbaiki pelayanan kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Matra
Sudah banyak arahan, terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona yang perlu dilakukan pemerintah daerah.Kami terus memberi motivasi meningkatkan kepercayaan diri para kepala dan anggota satpol PP di berbagai daerah. Harus pakai caracara lain yang lebih persuasif tapi tegas.

Intinya, Satpol PP Linmas terus berusaha menjadi lebih baik lagi, untuk berlaku humanis dan menunjukan negara hadir di tengah masyarakat. Walau Satpol PP minum perlengkapan, dalam upaya cegah virus hingga bakti sosial terus dilakukan. Satpol PP menjadi bagian untuk mengedukasi kepada masyarakat atau kampanye dan sosialisasi.

Terkait social distancing, yakni kebijakan untuk menjaga jarak. Termasuk kebijakan untuk membatasi kegiatankegiatan yang melibatkan banyak orang. Atau kerumunan.Intinya, kegiatan yang melibatkan banyak orang atau kerumunan sebaiknya tidak dilakukan.

Kenapa? Karena itu bisa menjadi media penularan dari yang satu ke yang lainnya. Misal kegiatan-kegiatan kewisataan, keagamaan, olahraga dan seni. Bagi kegiatan yang mau tak mau tetap ada karena terkait aktivitas masyarakat, itu tetap harus diingatkan untuk memberlakukan langkah atau mekanisme social distancing.

Seperti misalnya tempat menunggu antrian kendaraan dibuat jarak, dibuat jarak 1,5 misalnya agar tidak terjadi kontak dan tidak terjadi penularan dikarenakan “droplet” atau percikanpercikan cairan tubuh, air ludah misalnya dan lain-lain.

Satpol PP menjadi bagian dari upaya untuk mencegah penularan, apa yang harus dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan lain-lain tanpa membuat masyarakat menjadi panik. Dalam catatan sejarah panjang Indonesia. Ekspektasi masyarakat, menjadi Satpol PP semakin dekat dengan masyarakat.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI