Tampilkan di aplikasi

Menhan Prabowo borong Humvee lokal maung versi militer

Majalah Matra - Edisi 0820
4 Agustus 2020

Majalah Matra - Edisi 0820

Humvee atau High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV)

Matra
Secara umum, sejak dibuat pada 1984 hingga sekarang, kendaraan ini menggantikan fungsi kendaraan operasional militer secara menyeluruh, seperti Jeep dan ambulans. Pendek kata, satu jenis kendaraan bisa untuk berbagai fungsi.

Nah, Indonesia juga memiliki kendaraan serupa, yakni Maung buatan Pindad yang baru diperkenalkan akhir pekan lalu. Dalam kunjungannya ke Bogor, Minggu (12/7/2020), bahkan Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, sudah menjajal Pindad Maung dan siap memesannya untuk kebutuhan militer domestik sebanyak 500 unit.

“Iya beli dan sudah komitmen 500 unit,” kata Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, pada detikcom, Senin (13/7/2020). Abraham menjelaskan, komitmen pembelian 500 unit Maung itu merupakan tahap pertama. Artinya ada kemungkinan Prabowo akan membeli lebih banyak lagi.

Pindad Maung bakal dibanderol sekitar Rp600 jutaan/unit. Jika dikalikan dengan jumlah unit yang bakal dibeli pada tahap pertama maka total anggaran yang dikeluarkan Kemenhan mencapai Rp300 miliar.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI