Tampilkan di aplikasi

BUMN go global ide Jokowi lama, sempat maju mundur

Majalah Matra - Edisi 0820
4 Agustus 2020

Majalah Matra - Edisi 0820

Ramai di grup-grup media digital jurnalis, BUMN Go Global adalah konsep lama saat jaman Menteri Rini Suwandi.

Matra
“Begini, ini bukan program gaya-gayaan,” jawab Erick Thohir, Menteri BUMN, yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Jejak digital mencatat, ide “BUMN Going Global” sudah diinginkan Jokowi sejak lama, sejak Rini Suwandi masih menjabat Menteri BUMN.

“Agar BUMN kita menjadi pemain global,” ujar Jokowi optimis BUMN Indonesia bisa melakukan ekspansi ke kancah global. Ekspansi harus dilakukan di tengah tantangan situasi ekonomi global yang sarat persaingan.

Menurut Jokowi, BUMN harus berani bermimpi besar. “Jika selama ini Indonesia masih hanya menjadi target pasar dari negara lain. BUMN Go global, memperbaiki supply chain yang ada di Indonesia, bahwa kita tahu selama ini kita hanya jadi market, tapi sampai kapan?,” Erick memaparkan.

BUMN Go Global memiliki peran strategis dalam pengembangan dan ekspansi pemasaran produk-produkBUMN yang saat ini sudah diakui di banyak negara.

Contohnya adalah produksi vaksin yang dilakukan oleh Bio Farma ataupun dari industri pertahanan yang telah mendapatkan pengakuan di beberapa negara Asia Tenggara lewat produk produk BUMN.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI