Tampilkan di aplikasi

Obat racikan BUMN farmasi

Majalah Matra - Edisi 1220
14 Desember 2020

Majalah Matra - Edisi 1220

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh perusahaan farmasi China Sinovac tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu malam, yang diangkut menggunakan pesawat kargo khusus Garuda Indonesia Boeing 777-300 EA melayani rute Jakarta-Beijing.

Matra
PT Kimia Farma Tbk saat ini sudah mampu memproduksi obat untuk penanganan Covid-19, yaitu favipiravir yang dapat dipergunakan untuk terapi Covid–19. Sementara PT Indofarma, Tbk siap memasarkan obat anticorona Remdesivir dengan nama dagang Desrem. Obat ini diproduksi Mylan Laboratories Limited, atas lisensi dari Gilead Sciences Inc.

Selain Favipivar, PT Kimia Farma Tbk dan anak usahanya PT Phapros Tbk telah berhasil memproduksi juga beberapa obat untuk penanganan Covid-19. Obat itu antara lain Chloroquine, Hydroxychloroquine, Azithromycin, Favipiravir, Dexamethasone dan Methylprednisolon.

Menurut Direktur Utama PT Kimia Farma, Tbk, Verdi Budidarmo, Kimia Farma juga, memproduksi beberapa multivitamin penambah daya tahan tubuh seperti Vitamin C (tablet dan injeksi), Becefort, Fituno dan Geriavita sebagai tambahan produk untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk jenis obat Favipiravir yang dapat dipergunakan untuk terapi Covid–19, sudah dapat diproduksi sendiri oleh Kimia Farma.

“Dan telah mendapatkan Nomor Ijin Edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta akan didistribusikan ke seluruh layanan kesehatan sesuai dengan regulasi pemerintah,” katanya.

Selain obat-obatan dan multivitamin, kata dia, PT Kimia Farma Tbk melalui jaringan ritelnya juga mendistribusikan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer. Perusahaan farmasi ini juga melakukan layanan pemeriksaan rapid test dan PCR Test di seluruh jaringan layanan kesehatan PT Kimia Farma Tbk yang tersebar di seluruh Indonesia.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI