Tampilkan di aplikasi

Menteri segala urusan punya wewenang seluas lautan

Majalah Matra - Edisi 0327
2 Agustus 2022

Majalah Matra - Edisi 0327

Luhut Binsar Panjaitan

Matra
Sosok Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan (LBP) tak bisa digeser dan menjadi tokoh paling berpengaruh di Indonesia 2022 lantaran mengaku sering diperintah Presiden Jokowi secara khusus.

Posisi LBP sebenarnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Namun, mantan jenderal Kopassus ini dicatat sebagai menteri yang punya 10 jabatan di era pemerintahan Joko Widodo.

Yang paling anyar adalah Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional. Pernah memegang jabatan Kepala Kantor Staf Kepresidenan pada 31 Desember 2014, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut pada 13 Agustus 2015.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada 27 Juli 2016 sampai sekarang. Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sejak Juli 2020.

Ia menjadi Koordinator PPKM Wilayah Jawa & Bali pada Juni 2021. Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional. Kemudian Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 8 September 2021.Termasuk Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Oktober 2021.

Luhut Binsar Panjaitan bisa muncul dimana-mana. Mulai dari soal politik, hukum, ekonomi hingga masalah kecil sekalipun. Segala persoalan diurusinya. Alhasil membuat publik kerap menjulukinya sebagai menteri segala urusan terkait nomenkelatur jabatan yang diembannya.

Luhut dikenal sangat powerfull dan terkesan sebagai “bayangan Presiden”. Beberapa kali menjadi buah bibir, karena mantan jenderal TNI AD ini kontroversial. Seakan “melawan arus.”, paling heboh bahkan sampai memunculkan aksi demo ketika dia mengusulkan Presiden Jokowi agar dipilih tiga periode.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI