Tampilkan di aplikasi

Sosok low profile yang menyulap sudut kumuh DKI menjadi wah

Majalah Matra - Edisi 0327
2 Agustus 2022

Majalah Matra - Edisi 0327

Pria yang satu ini, identik dengan Pondok Indah Mal 2 dan Pantai Indah Kapuk 2. Yang saat ini, ia dikabarkan hidup kesunyataan mulia, sudah asyik mempraktikan jalan mulia.

Matra
Menjauhi kegiatan duniawi, malah sering disebut berada di lingkup kegiatan sosial. Dia disebut tokoh pengembang sukses yang menyulap sudut kumuh DKI menjadi “Wah”.

Pandang benar, motivasi benar, ucapan benar, perilaku benar, mata pencaharian benar, upaya benar, kesadaran benar, dan meditasi benar akan tercapai pencerahan dan kebahagiaan.

Namanya melegenda, tapi tak banyak yang tahu sisi-sisi hidupnya. Ada yang menyebut, kini pria ini sudah turun gunung, tak lagi berbisnis, hidupnya lebih kepada membantu sesama dan aktif di kegiatan Yayasan Budha Tsu Chi, yang bangunannya megah di Pantai Indah Kapuk.

Padahal, dia merupakan konglomerat, yang hingga kini masih aktif. Menjadi anggota Yayasan di sana sejak Maret 2002 bersama istrinya. Untuk urusan bisnis, ia senang dibalik layar saja, karena bisnisnya sudah jalan dengan sistem.

Banyak yang mengenal nama Sugianto Kusuma dari rumors yang ada, baik sisi negatif yang beredar atau hal positif yang minim ekspos. Sosok yang sedang dalam upaya pencapaian kebahagiaan tertinggi .

Sugianto Kusuma adalah nama dari pengembang sukses, yang menyulap sudut-sudut kumuh DKI menjadi wah, kemudian punya nilai jual. Nama beken atau akrabnya ya kerap dipanggil A Guan alias Agwan.

Bos Agung Sedayu ini dikenal sebagai pengusaha besar yang sangat low profile. Jarang mau diliput media massa, padahal karyanya lumayan banyak untuk memajukan ekosistem perekonomian swasta.

Hingga hari ini, walau pun masih aktif berperan dalam bisnisnya, A Guan kini lebih banyak di balik layar. Ia muncul sesekali di publik, saat terjun ke dalam kegiatan kemanusiaan, di antaranya aktif dalam berbagai kegiatan sosial melalui yayasan Budha bernama Tzu Chi sejak tahun 2002 silam. Yayasan ini merupakan cabang dari organisasi yang dipimpin Master Cheng Yen di Taiwan.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI