Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Perpajakan

1 Pembaca
Rp 120.000 46%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Perpajakan. Sistematika buku Perpajakan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Dasar-Dasar Perpajakan, Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan (Umum), Pajak Penghasilan Final, Pajak Penghasilan Pasal 21, Pajak Penghasilan Pasal 22, Pajak Penghasilan Pasal 23, Pajak Penghasilan Pasal 24, Pajak Penghasilan Pasal 25, Pajak Penghasilan Pasal 26, Perhitungan PPh Akhir Tahun dan Koreksi Fiskal, Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, Bea Materai, PBB dan BPHTB, dan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Desak Nyoman Sri Werastuti / Lakharis Inuzula / Suryaningsi / I Nyoman Putra Yasa, SE., M.Si, BKP / Sri Apriyanti Husain / Hasanuddin, SE.,MM / Nelly Ervina, S.E., M.Si / Mahputera, SE, M.Si, Ak, CA / Siti Salama Amar, SE., M.Ak. / Wahidahwati / Dr. Nyoman Trisna Herawati, S.E., Ak., M.Pd / Joni Hendra / Hantono / Drs. R. Hery Koeshardjono, M.M., Ak., CA. / Siti Amerieska
Editor: Syaiful Bahri

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623018
Terbit: Januari 2022 , 336 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Perpajakan. Sistematika buku Perpajakan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Dasar-Dasar Perpajakan, Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan (Umum), Pajak Penghasilan Final, Pajak Penghasilan Pasal 21, Pajak Penghasilan Pasal 22, Pajak Penghasilan Pasal 23, Pajak Penghasilan Pasal 24, Pajak Penghasilan Pasal 25, Pajak Penghasilan Pasal 26, Perhitungan PPh Akhir Tahun dan Koreksi Fiskal, Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, Bea Materai, PBB dan BPHTB, dan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Perpajakan.

Sistematika buku Perpajakan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Dasar-Dasar Perpajakan, Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan (Umum), Pajak Penghasilan Final, Pajak Penghasilan Pasal 21, Pajak Penghasilan Pasal 22, Pajak Penghasilan Pasal 23, Pajak Penghasilan Pasal 24, Pajak Penghasilan Pasal 25, Pajak Penghasilan Pasal 26, Perhitungan PPh Akhir Tahun dan Koreksi Fiskal, Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, Bea Materai, PBB dan BPHTB, dan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Desak Nyoman Sri Werastuti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 1994 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk memilih jurusan IPS yang didalamnya dipelajarai mengenai Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 1997. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi pada tahun 2002. Penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Akuntansi Universitas Udayana dan pada tahun 2015 melanjutkan studi di prodi Ilmu Akuntansi, Universitas Brawijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Lakharis Inuzula - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ekonomi dimulai pada tahun 2007 silam, dengan jenjang pendidikan penulis pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh dan menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E.) pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan pendidikan Program Profesi Akuntansi (Ak.) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh pada tahun 2013 dan mendapat gelar Chartered Accountant (CA) sekaligus pada tahun 2014. Selanjutnya menyelesaikan pendidikan terakhir pada tahun 2016 pada Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (M.Si.) di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

Penulis fokus pada bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen dan Manajemen Keuangan. Penulis aktif sebagai dosen tetap di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) dan dosen luar biasa di Universitas Malikussaleh (UNIMAL). Saat ini peneliti menjabat sebagai Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Aceh. Penulis pun aktif melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berkontribusi dan berkolaborasi dalam menulis beberapa buku dengan judul “Dasar Manajemen Keuangan, Akuntansi Sektor Publik dan Perpajakan”. Beberapa penelitian yang dihasilkan oleh peneliti didanai oleh Kemenristek/BRIN di lingkungan LLDIKTI XIII wilayah Aceh....
Suryaningsi - Penulis memperoleh gelar S-1 dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandira pada tahun 2013, dan gelar S-2 dari Program Magister Akuntansi Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2017. Penulis merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang sejak Tahun 2017 dengan materi seputar Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Daerah, Perpajakan, Akuntansi Perpajakan, dan Auditing.

Sampai saat ini penulis juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang dan juga merupakan Auditor Internal Universitas Muhammadiyah Kupang. Penulis mempunyai pengalaman Kerja pada salah satu perusahaan percetakan dan manufaktor di Kota bandung yakni CV. Yrama Widya dan PT. Sewu selama 2 tahun yakni tahun 2014 – 2016 dengan posisi sebagai accounting. Penulis juga pernah magang pada KAP JAR di Kota Bandung selama 3 bulan. Saat ini penulis juga mengajar sebagai Dosen Luar biasa Jurusan Ekonomi Syariah Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kupang. Penulis juga aktif sebagai peneliti dibidang Akuntansi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif melakukan pelatihan – pelatihan seperti Pekerti, penyusunan Dokumen SPMI Perguruan Tinggi, Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi, dan Keuangan Syariah.
I Nyoman Putra Yasa, SE., M.Si, BKP - Lahir di Denpasar pada tanggal 20 Januari 1984. Saat ini merupakan dosen tetap di Jurusan Ekonomi Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, Bali. Meraih gelar Ahli Madya Akuntansi (A.Md. Akun) pada tahun 2005 dan Sarjana Ekonomi (S.E) Jurusan Akuntansi pada tahun 2009 dari Universitas Udayana, Bali. Memperoleh gelar Magister Sains (M.Si) Tahun pada 2012 dari program Magister Akuntansi Universitas Udayana dengan Konsentrasi Keuangan dan Auditing. Kepakaran penulis adalah pada bidang perpajakan. Pernah mengikuti beberapa pelatihan dibidang perpajakan termasuk telah lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak brevet A yang diselenggarakan KP3SKP. Saa ini penulis menjadi ketua Tax Center Universitas Pendidikan Ganesha dan Ketua Asosiasi Tax Center Perguruan Tinggi Wilayah Bali. Selain sebagai dosen, penulis juga menjadi praktisi dengan menjadi partner konsultan pajak pada sebuah kantor konsultan pajak di Bali serta aktif menjadi pembicara dalam kegiatan seminar mapun konferensi skala nasional maupun internasional. Penulis juga melakukan penelitian dan pengabdian yang didanai oleh DRPM maupun dari dana internal perguruan tinggi.Penulis juga aktif melakukan publikasi baik skala nasional maupun internasional, termasuk menulis beberapa buku di bidang perpajakan.
Sri Apriyanti Husain - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Akuntansi dimulai pada tahun 2006. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan yakni di SMK Negeri 1 Gorontalo dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2009. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi pada Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo pada tahun 2013 dan menyelesaikan studi pada Program Magister Akuntansi di Universitas Brawijaya Malang pada Tahun 2016.

Sejak 1 Maret 2019 Penulis telah diamanahkan untuk menjadi Dosen Akuntansi pada Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. Untuk memiliki Kepakaran di Bidang Akuntansi serta untuk mewujudkan karir sebagai Dosen Profesional, Penulis aktif dalam melakukan Penelitian di Bidang Akuntansi, Keuangan maupun Perbankan Syariah. Beberapa paper ataupun artikel ilmiah telah penulis presentasikan dalam forum-forum ilmiah nasional. Selain itu, Penulis aktif mengikuti berbagai pelatihan, workshop maupun seminar serta aktif dalam menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan Ilmu Akuntansi.
Hasanuddin, SE.,MM - Penulis Menyelesaikan Pendidikan Menengah di Sekolah Menengah Ekonomi Atas SMEA Negeri 1 Polewali tahun 1988, selanjunya melanjutkan Ke Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 1989 pada fakultas Ekonomi dengan jurusan Manajemen selanjutnya penulis bekerja pada Lembaga Keuangan Mikro selama 7 tahun, lalu bekerja sebagai Penyelia Mitra Tani pada Kementrian Pertanian RI. Mendampingi progran Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan, selama 10 Tahun, Menjadi Fasilitator Pembiayaan Pertanian Swadaya (Fp2S) tahun 2013 Masuk menjadi Dosen Pada Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Kabupaten Polewali Mandar. Tahun 2014 Melanjutkan pendidikan S2 mengambil jurusan Sumber Daya Manusia ( SDM) pada Universitas Indonesia Timur Makassar dan selesai tahun 2016. Saat ini telah menjadi dosen Ber NIDN dengan Home Base IAI DDI Kabuapaten Polewali Mandar. Kegiatan lainnya adalah Menulis Buku SDM Penyuluh Pertanian Berkinerja, Buku Chapter Perpajakan, Buku Chapter Ekonomi Koperasi juga sebagai penulis artikel dan Cerpen di koran Radar Sulbar, juga menjadi penulis lepas pada komunitas Kompasiana.
Nelly Ervina, S.E., M.Si - Lahir di Pematangsiantar pada tanggal 27 Mei 1989. Ia merupakan lulusan S1 jurusan Akuntansi pada tahun 2012 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung Pematangsiantar dan S2 jurusan Ilmu Akuntansi tahun 2016 di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Ia juga merupakan Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung Pematangsiantar dan ditempatkan pada Program Studi Akuntansi. Bidang keahliannya adalah Perpajakan, Akuntansi Manajemen dan Penganggaran Perusahaan. Beberapa buku yang telah ditulisnya adalah: Manajemen Operasional dan Dasar-Dasar Analisa Laporan Keuangan. Pada tahun 2020 mengikuti Penelitian Dosen Pemula yang dibiayai Oleh Kemenristekdikti dan berhasil lulus sebagai Anggota Peneliti 1. Selain aktif mengajar juga merupakan konsultan pajak terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak dengan nomor ijin praktek: KEP-6027/IP.B/PJ/2020.
Mahputera, SE, M.Si, Ak, CA - Penulis telah menyelesaikan S1 di Unversitas Hasanuddin jurusan Akuntansi dan melanjutkan S2 di Universitas Hasanuddin jurusan Akuntansi. Penulis pun aktif sebagai dosen tetap di STIE Makassar Maju yaitu sebagai dosen perpajakan, akuntansi biaya dan akuntansi keuangan menengah. Selain dari sebagai dosen penulis juga aktif dalam penelitian-penelitian yang berhubungan akuntansi keuangan.
Siti Salama Amar, SE., M.Ak. - Lahir di Sumenep 03 Maret 1968 Pendidikan Tinggi Ditempuh di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Unitomo) Lulus Sarjana Ekonomi (S.E) Tahun 1992, Pascasarjana Program Studi Magister Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur (UPN”Veteran”Jatim) (M.Ak) Tahun 2012, Pascasarjana Program Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekononi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga Surabaya (Unair) dalam proses. Dalam bidang pekerjaan penulis sampai saat ini mengabdikan diri sebagai Dosen pada Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Madura (Unira) Mata kuliah yang diampu Pengantar Akuntansi, Akuntansi Manajemen, Perpajakan Lanjutan, Manajemen Keuangan, Metodelogi Penelitian serta menulis buku, Artikel Ilmiah dalam Jurnal Ilmiah
Wahidahwati - Penulis lahir di kota Surabaya dan menjadi dosen tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Penulis telah menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia pada tahun 1995, S2 jurusan Akuntansi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, lulus pada tahun 2002, dan telah menyelesaikan S3 Program Studi Akuntansi di Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 2010. Penulis juga telah lulus Ujian Sertifikasi Asesor BNSP tahun 2018 dan lulus ujian sertifikasi CSRS pada tahun 2018. Selain sebagai pengajar, penulis juga pernah menjadi komisioner pada Komisi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014-2016. Selain aktif melakukan penelitian dibidang akuntansi keuangan, penulis juga aktif menulis buku diantaranya Akuntansi keuangan Menengah Edisi 1 dan 2.
Dr. Nyoman Trisna Herawati, S.E., Ak., M.Pd - Dilahirkan di Singaraja, pada tanggal 15 Maret 1977. Saat ini penulis bekerja sebagai dosen tetap Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pendidikan Ganesha. Gelar Sarjana Ekonomi diperoleh di Universitas Udayana Fakultas Ekonomi pada Program Studi Akuntansi (S1). Penulis melanjutkan pendidikan strata dua (S2) di Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan S3 pada Program Ilmu Pendidikan pada universitas yang sama. Mata kuliah yang diampu meliputi Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan, dan Investasi dan Pasar Modal. Telah menulis beberapa buku ajar ber ISBN terkait topik keuangan, seperti Pengantar akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah 1 dan 2. Pada Tahun 2020 menyelesaikan kursus Brevet AB yang diselenggarakan oleh IAI Jawa Timur, yang membuat penulis tertarik untuk merambah ilmu ke topik perpajakan. Beberapa penelitian terkait perpajakan telah dimuat dalam prosiding dan jurnal. Selain itu penulis aktif dalam beberapa kegiatan ilmiah baik penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dalam topik pembelajaran akuntansi, perpajakan, dan literasi keuangan.
Joni Hendra - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dan keuangan dimulai pada tahun 1984 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih melanjutkan pendidikan AKUNTANSI ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di jurusan Akuntansi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada tahun 1989. Kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Keuangan Program Pasca Sarjana Universitas Merdeka Malang pada tahun 2006.

Sejak tahun 1990 hingga 2006 penulis pernah menjadi praktisi di sebuah perusahaan BUMN sebagai staf di bidang Akuntansi, Keuangan, dan Internal Auditor. Kemudian tahun 2006 hingga 2014 penulis melanjutkan karier sebagai dosen di AMIK Taruna Probolinggo, dan kemudian tahun 2015 hingga saat ini adalah dosen tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo. Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Keuangan dan Investasi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulisan buku ini penulis lakukan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Hantono - Dilahirkan di Medan, 27 Agustus 1978 lulusan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Methodist Indonesia, Medan, pada tahun 2002 lalu melanjutkan pendidikan S-2 program Pascasarjana Magister Sains Program Studi Ilmu Ekonomi di Universitas Negeri Medan dan menyelesaikannya pada tahun 2011 dan pada tahun 2015 mengikuti perkuliahan di PPAK USU dan telah menyelesaikan pada tahun 2016. Bahkan Pada tahun 2009, Beliau juga pernah menjadi Instruktur Perpajakan di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ”Bakti Wijaya” Medan, mengajar dengan materi Pengenalan Perpajakan, Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Akuntansi Dasar serta Akuntansi Pajak. Beliau Sekarang dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Medan dengan mata kuliah Research Methodology, Corporate Finance, Issue in Financial Accounting and Reporting, Business Statistics, Managerial Accounting. Penulis pernah menjadi pemakalah di Fakultas Bisnis - Unika Widya Mandala Surabaya pada kegiatan The 9th NCFB 2016 and Doctoral Colloquium 2016, Pemakalah di Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia (FEB UI) tanggal 2 – 3 Agustus 2017 pada kegiatan International Conference And Doctoral Colloquium In Finance 2017 (The 3rd IFA Annual Conference), Pemakalah di The 4th Sebelas Maret International Conference on Business, Economics and Social Sciences...
Drs. R. Hery Koeshardjono, M.M., Ak., CA. - Adalah Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga. Menyelesaikan S1 Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1990 dan menjadi praktisi di Kantor Akuntan Publik selanjutnya bekerja di bagian accounting pada BUMN PT. Kertas Leces (Perseroan) dan anak perusahaan PT. Lebercon Perkasa, PT. Sinar Fajar Konvertindo dan Koperasi Karyawan Kertas Leces sampai tahun 2013. Gelar Magister Manajemen (M.M) diperoleh dari Program Magister Manajemen di Universitas Merdeka Malang pada tahun 2013 dengan konsentrasi Manajemen Akuntansi.

Mulai tahun 2013 berkarier sebagai dosen Akuntansi FE UPM dan saat ini menjabat Ketua Program Studi Akuntansi dengan jabatan Lektor.

Penulis memiliki keminatan dibidang Perpajakan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Manajemen dan Anggaran Perusahaan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang keminatan tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI yang bersifat hibah. Selain peneliti juga ikut pengabdian ke masyarakat untuk pengenalan peran Akuntansi dalam administrasi desa atau kelurahan , penulis juga aktif menulis buku Modul Pembelajaran untuk perpajakan dan Akuntansi dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi Perguruan Tinggi dan bangsa yang sangat tercinta ini.
Siti Amerieska - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 2001 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Politeknik Universitas Brawijaya (Polinema) dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2004. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S1 ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi UNMER pada tahun 2006. Tiga tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Akuntansi Program Magister Sains Akuntansi Universitas Brawijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang akuntansi sektor public dan public governance. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.

Editor

Syaiful Bahri - Menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Malang, S2 Sains Akuntansi di Univesitas Brawijaya Malang, Program Pendidikan Profesi Akuntan di STIE Malangkucecwara Malang dan S3 Ilmu Ekonomi Akuntansi di Universitas Merdeka Malang.

Pada saat proses penyelesaian Strata-1, pernah menjadi Asisten Dosen Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Sejak tahun Januari 2002 telah tercatat sebagai staf pengajar di Unit kerja Wilayah Kopertis VII. Penulis pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta, seperti Universitas Islam Madura Pamekasan, Universitas Madura Pamekasan. Sekarang sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Dan Bisnis di Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang.

Buku yang telah dihasilkan adalah Buku Pengantar Akuntansi, Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (Edisi III), Praktek Kerja Akuntansi Entitas Jasa dan Entitas Dagang (Berdasarkan SAK ETAP), Metodologi Penelitian Bisnis; Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS, Akuntansi Manajemen; Teori dan Aplikasi, Akuntansi Keuangan Menengah (Berdasarkan SAK), Akuntansi Biaya, dan Akuntansi UMKM (Pendekatan Praktis Berdasarkan SAK EMKM).

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
1. Dasar-Dasar Perpajakan
     Konsep Pajak
     Penghasilan
     Pajak Penghasilan (Wajib Pajak Orang Pribadi)
     Dasar Hukum Pajak Penghasilan (Orang Pribadi)
     Hak Memungut Pajak
     Fungsi Pajak
     Jenis Pajak
     Tata Cara Pemungutan Pajak
2. Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
     Pengertian
     Hak dan Kewajiban Pajak
     Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
     Pengusaha Kena Pajak
     Pembayaran, Pemotongan/Pungutan dan Pelaporan
     Surat Pemberitahuan (SPT)
     Surat Ketetapan Pajak
     Surat Tagihan Pajak
     Sanksi Pajak
3. Pajak Penghasilan (Umum)
     Reformasi Peraturan Pajak Penghasilan dan Tujuannya
     Pengertian Pajak Penghasilan
     Kategori Objek Pajak Penghasilan
     Kategori Subyek Pajak Penghasilan
     Jenis–Jenis Pajak Penghasilan
     Jatuh Tempo Pembayaran dan Pelaporan Pajak
4. Pajak Penghasilan Pasal 4(2) / PPh Final
     Definisi PPh Pasal 4(2)
     Subjek PPh Pasal 4(2)
     Objek dan Tarif PPh Pasal 4 (2)
5. Pajak Penghasilan Pasal 21
     Pengertian
     Pemotong Pajak Penghasilan Pasal 21
     Subjek PPh Pasal 21
     Bukan Subjek PPh Pasal 21
     Objek PPh Pasal 21
     Bukan Objek PPh Pasal 21
     Dasar Pengenaan dan Pemotongan PPh Pasal 21
     Penghasilan Tidak Kena Pajak
     Ilustri Perhitungan Pemotongan PPh Pasal 21 Terhadap Penghasilan Pegawai Tetap
6. Pajak Penghasilan Pasal 22
     Pengertian
     Dasar Hukum
     Objek PPh Pasal 22
     Pemungut PPh Pasal 22
     Objek Pajak Penghasilan Pasal 22
     Penanggung Pajak
     Tarif Pajak Penghasilan Pasal 22
     Sifat Pajak Penghasilan Pasal 22
     Dikecualikan Dari Pemungutan
     Kasus Pajak Penghasilan Pasal 22
     Tarif Khusus
     Perluasan Pajak Penghasilan
     Pengecualian Pemungutan PPh Pasal 22
     Tarif PPh Pasal 22
     Pembayaran PPh Pasal 22
     Kewajiban Membuat Bukti Pungut
     E-Filing PPh Pasal 22
     Perbedaan PPN & PPh 22 Impor
     Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
     PPh 22 Impor
     Kesimpulan
7. Pajak Penghasilan Pasal 23
     Pengertian
     Pemotong dan yang Dikenakan Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23
     Objek dan Pengecualian Objek Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23
     Contoh Cara Penghitungan Pajak Penghasilan Pasal 23
     Pembayaran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 23
8. Pajak Penghasilan (PPh)
     Pendahuluan
     Subjek dan Objek Pajak PPh Pasal 24
     Sumber Penghasilan Kena Pajak di Luar Negeri Sebagai Pemotongan Pajak Terutang Dalam Negeri
     Penggabungan Sumber Penghasilan
     Perhitungan, Pemotongan dan Pelaporan Dividen
     Besarnya Kredit Pajak yang Diperbolehkan
     Pengurangan atau Pengembalian Pajak Atas Penghasilan yang Dibayar Di Luar Negeri
     Tata Cara Permohonan Kredit Pajak Luar Negeri
     Contoh Kasus
     Perubahan Jumlah Penghasilan Dari Luar Negeri
9. Pajak Penghasilan Badan
     Pengertian
     Subjek PPh Badan & Objek PPh Badan
     Jenis Pajak Penghasilan Badan (PPh) yang Dikenakan Pada Badan Usaha Atau Pph Badan
     Rekonsiliasi Fiskal
10. PPh Pasal 26
     Pengertian
     PPh Pasal 26
     Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan PPh Pasal 26
11. Perhitungan PPh Akhir Tahun dan Koreksi Fiskal
     Perhitungan Pajak Akhir Tahun
     Hubungan Akuntansi Pajak dan Akuntansi Komersial
     Laporan Keuangan Fiskal
     Koreksi Fiskal
     Perbedaan Permanen dan Perbedaan Temporer
     Ilustrasi Kasus Rekonsiliasi Fiskal
12. Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah
     Latar Belakang UU Pajak Pertambahan Nilai
     Pajak Pertambahan Nilai
     Barang Kena Pajak (BKP)
     Jasa Kena Pajak (JKP)
     Obyek Pajak Pertambahan Nilai
     Subjek Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
     Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
     Faktur Pajak
     Mekanisme Pemungutan PPN
     Pajak Masukan dan Pajak Keluaran
     Cara Menghitung PPN
     Metode Pencatatan PPN
     Pajak Penjualan Atas Barang Mewah
     Obyek Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
13. Bea Materai
     Pendahuluan
     Sejarah Bea Materai
     Pengertian, Dasar Hukum, Tarif Umum, Bukan Objek Bea Materai, Saat Terutang, Permateraian dan Masa Transisi Bea Materai
     Bentuk–Bentuk Bea Materai Terbaru
     Kode Jenis Setoran Bea Materai
     Ketentuan Khusus dan Sanksi Pidana Bea Materai
14. Pajak Bumi Bangunan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan
     Pajak Bumi Bangunan
     Subjek dan Objek PBB-P2
     Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP)
     Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT)
     Pengurangan Pajak yang Terhutang
     Bea Perolehan Atas Tanah Dan Bangunan
     Tarif Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan
15. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
     Dasar Hukum
     Ketentuan Umum dan Tata Cara Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah
     Perhitungan Pajak Daerah
     Perhitungan Retribusi Daerah