Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Bisnis

(Perspektif Digitalisasi Bisnis)

1 Pembaca
Rp 95.000 32%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Penulisan buku ini merupakan ide dari para praktisi dan dosen yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Buku ini ditulis dalam upaya memberikan konstribusi dalam menambah wawasan yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi para pembaca. Perkembangan bisnis yang semakin maju, ditandai dengan banyaknya perusahaan menjalankan usahanya untuk memperoleh keuntungan. Persaingan yang semakin sengit, menuntut perusahaan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk dapat bertahan menghadapi era yang serba digital. Buku yang berjudul Pengantar Bisnis (Perspektif Digitalisasi Bisnis) membahas mengenai perkembangan dunia bisnis dalam digitalisasi yang diuraikan ke dalam sebelas bab.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Fauziah / Wike Pertiwi / Rabiyatul Jasiyah / Sapinah / Salam Fadillah Alzah / Zainal Arifin / Acai Sudirman / Aditya Wardhana / Pahri Siregar / Ansari / Hafipah
Editor: Hartini

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622066
Terbit: November 2021 , 212 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Penulisan buku ini merupakan ide dari para praktisi dan dosen yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Buku ini ditulis dalam upaya memberikan konstribusi dalam menambah wawasan yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi para pembaca. Perkembangan bisnis yang semakin maju, ditandai dengan banyaknya perusahaan menjalankan usahanya untuk memperoleh keuntungan. Persaingan yang semakin sengit, menuntut perusahaan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk dapat bertahan menghadapi era yang serba digital. Buku yang berjudul Pengantar Bisnis (Perspektif Digitalisasi Bisnis) membahas mengenai perkembangan dunia bisnis dalam digitalisasi yang diuraikan ke dalam sebelas bab.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya, nikmat akal dan pengetahuan, sehingga buku ini dapat diselesaikan dan diterbitkan.

Penulisan buku ini merupakan ide dari para praktisi dan dosen yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Buku ini ditulis dalam upaya memberikan konstribusi dalam menambah wawasan yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi para pembaca.

Perkembangan bisnis yang semakin maju, ditandai dengan banyaknya perusahaan menjalankan usahanya untuk memperoleh keuntungan. Persaingan yang semakin sengit, menuntut perusahaan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk dapat bertahan menghadapi era yang serba digital. Buku yang berjudul Pengantar Bisnis (Perspektif Digitalisasi Bisnis) membahas mengenai perkembangan dunia bisnis dalam digitalisasi yang diuraikan ke dalam sebelas bab.

Kami menyadari bahwa penyusunan buku ini tentu saja masih jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat beberapa kekeliruan. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan respons dari para pembaca demi peningkatan kualitas materi dan perbaikan karya berikutnya. Seluruh rangkaian penyusunan sampai penerbitan buku ini tidak terlepas dari dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian buku ini. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan bagi dunia pendidikan pada khususnya.

Penulis

Fauziah - Penulis merupakan berkebangsaan Indonesia dan bergama Islam. Penulis tinggal di Desa Sumberjo Kec. Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Telah menyelesaikan studi S1 Ekonomi Islam tahun 2009 di UIN Alauddin makassar dan Magister Ekonomi Syariah tahun 2016 di Program PascaSarjana UIN Alauddin Makassar. Tahun 2010 hingga sekarang mengajar mata kuliah Ekonomi Islam dan Kewirausahaan di prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah di Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar dan 2018-sekarang mengajar Akuntansi Bank Syariah dan pada prodi Akuntansi FEKON di Universitas Sulawesi Barat serta 2019-sekarang mengajar Hukum Ekonomi Syariah dan Kewirausahaan pada prodi Hukum Ekonomi Syariah di STAIN Majene. Selain itu penulis menjadi pengurus IAEI Komisariat IAI DDI Polman serta aktif dalam pengabdian masyarakat di bidang pelatihan dalam mengembangkan usaha pada kelompok usaha wanita dengan bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan.
Wike Pertiwi - Ketertarikan penulis terhadap manajemen pada tahun 2002 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Atas pada SMA Negeri 5 Cirebon dengan peminatan IPS dan berhasil lulus pada tahun 2005. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi D3 di prodi Komputer Akuntansi STIKOM Poltek Cirebon pada tahun 2005. Setelah tiga tahun, penulis kemudian melanjutkan studi S-1 di prodi Manajemen pada STIE Cirebon. Kemudian, penulis menyelesaikan studi S-2 di prodi Manajemen Program Pascasarjana STIE Cirebon. Pada saat ini penulis merupakan dosen tetap pada Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penulis memiliki kepakaran dibidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain meneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Rabiyatul Jasiyah - Rabiyatul Jasiyah Penulis dilahirkan di Surabaya, 28 Agustus 1976. Penulis adalah dosen tetap pada Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton sejak tahun 2001. Menempuh Pendidikan Strata Satu pada Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur dan lulus tahun 1998. Selanjutnya menyelesaikan Pendidikan Strata dua di Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga tahun 2010. Tahun 2015 menempuh Pendidikan Strata tiga pada program doktor Pasca sarjana Universitas Muslim Indonesia dan lulus tahun 2018.

Penulis aktif sebagai peneliti seperti the effect of ability and motivation on job satisfaction and employee performance, the consciousness of excellent quality service to improve effectiveness of TQM and kaizen-PDCA quality management, Impact of sand mining on social economic conditions of community, Handling disaster risks with the community-based approach. Penulis buku sesuai bidang kepakaran meliputi Buku Perkembangan Perekonomian Indonesia saat serangan Pandemi Covid -19, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengantar Manajemen, Metodologi Penelitian Ekonomi. Email Penulis: jasiyah_jesy@yahoo.com
Sapinah - Penulis merupakan dosen tetap LLDIKTI IX yang dipekerjakan di STKIP Pembangunan Indonesia. Penulis menyelesaikan studi S-1 di Jurusan Pendidikan Dunia Usaha Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP Ujung Pandang pada tahun 1992. Kemudian penulis menyelesaikan studi Magister Sains di Prodi Manajemen Keuangan UNHAS tahun 2000. Penulis memiliki kepakaran di bidang Akuntansi dan Manajemen Keuangan. Sebagai dosen tetap di STKIP Pembangunan Indonesia yang sekarang berganti nama menjadi Universitas Patompo, penulis aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat serta mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional. Saat ini penulis menduduki jabatan Wakil Ketua Bidang Administasi dan Keuangan STKIP Pembangunan Indonesia. Selain itu penulis merupakan anggota Asosiasi Dosen Republik Indonesia (ADRI) dan juga aktif dalam organisasi sosial keagamaan.
Salam Fadillah Alzah - Penulis lahir di Baubau, November 1992. Penulis saat ini bekerja sebagai dosen di Program Studi Administrasi Bisnis, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Penulis menempuh pendidikan D-4 Administrasi Bisnis di Politeknik Negeri Ujung Pandang tahun 2010 dan lulus tahun 2014. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 pada bidang Ilmu Administrasi di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia pada tahun 2016 dan lulus tahun 2018. Sebelum menjadi dosen di IBI Kwik Kian Gie di tahun 2019, penulis berkarir di perusahaan. Saat ini selain menjadi dosen, penulis juga menjadi Koordinator Publikasi dan Penelitian dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IBI Kwik Kian Gie sejak November 2019. Penulis juga aktif dalam kegiatan sosial dan menjadi anggota Departemen Pendidikan di Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Jakarta - Depok.
Zainal Arifin - Saat ini bekerja sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Islam Indragiri. Penulis pernah menjabat sebagai Ketua LPPM UNISI pada tahun 2018 – Juni 2019. Selanjutnya ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sejak 2019 hingga sekarang. Pendidikannya diselesaikan di Universitas Islam Indragiri, di bidang Manajemen (S1), Universitas Trisakti, di bidang Ilmu Ekonomi (S2), dan saat ini sedang melanjutkan studi S-3 di Universitas Jambi, di bidang Ilmu Ekonomi. Bidang keahliannya adalah kewirausahaan, ekonomi Islam dan ekonomi pembangunan. Buku yang telah ditulisnya adalah Pengantar Ekonomi dan Keuangan Islam (2018). Penulis juga aktif di berbagai organisasi pengusaha di antaranya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Riau, Komite Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Kopitu) Riau dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir.
Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.
Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.
Pahri Siregar - Penulis lahir di Siloting, salah satu desa kecil di daerah Kota Padangsidimpuan tepatnya pada tanggal 27 Agustus 1988. Penulis menempuh pendidikan di sekolah dasar (SDN) 142451 Pudun, Kota Padangsidimpuan. Mulai tahun 1999 sampai dengan tahun 2001. Kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah NU Padangsidimpuan tahun 2001 sampai dengan tahun 2004. Setelah tamat MTs, lanjut ke Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan tahun 2004 sampai dengan tahun 2007. Setelah itu, penulis kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan (sekarang IAIN Padangsidimpuan) jurusan Pendidikan Agama Islam. Tamat Strata 1 (S-1) tahun 2012 penulis lanjut mengambil S2 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga tahun 2012 sampai 2014. Penulis mengambil jurusan Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam. Pada tahun yang sama, yakni tahun 2014, penulis diterima menjadi dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. Kemudian, pada tahun 2017 penulis mendapatkan beasiswa program 5000 Doktor Mora Scholarship Kemenag RI yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan dan Perguruan Tinggi Umum. Penulis memilih Perguruan Tinggi Umum berdasarkan keilmuan yang digeluti yaitu Bimbingan dan Konseling. Penulis melanjutkan kuliah S-3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung jurusan Bimbingan dan Konseling sejak tahun 2017 sampai sekarang...
Ansari - Lahir pada Tanggal 07 Agustus 1979 di Kayu Kul Kabupaten Aceh Tengah. Saat ini, penulis adalah Dosen Tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Putih Takengon Aceh Tengah. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi dengan konsentrasi Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada tahun 2002. Pendidikan Magister Manajemen diselesaikan di Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada tahun 2018. Saat ini, sedang mengikuti Program Doktor Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK Banda Aceh. Selain mengajar, penulis juga aktif sebagai penulis dan menjadi narasumber pada berbagai kegiatan seminar. Aktif di berbagai penelitian dan pengabdian, adapun buku yang sudah diterbitkan penulis adalah Kinerja Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Manajemen Strategi (Membangun Keunggulan Kompetitif), Perekonomian Indonesia (Suatu Tinjauan Koseptual), Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing), Pengantar Bisnis (Pengembangan SDM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis), Manajemen Risiko (Prinsip dan Implementasi), Sistem Informasi Manajemen (Pendekatan Konseptual), Kewirausahaan Dasar.
Hafipah - Lahir pada tanggal 13 Januari 1967 di Kabuten Sidrap, Sulawesi Selatan. Saat ini bekerja sebagai dosen tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia (STIM-LPI) Makassar, dengan pangkat akademik lektor dan mengasuh mata kuliah Manajemen Pemasaran, Sistem Informasi Manajemen, dan Manajemen Operasional, baik di prodi Strata 1 maupun program Pascasarjana STIM-LPI Makassar, Pendidikan S-1 di FPTK IKIP Ujung Pandang Jurusan Teknik Elektro, S-2 Program Pascasarjana UMI Makassar dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran, dan S-3 Pascasarjana UMI Makassar dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran pada tahun 2019.

Editor

Hartini - Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Sejarah Perkembangan Bisnis
     Pendahuluan
     Pengertian Bisnis
     Kegiatan-Kegiatan Bisnis
     Sejarah dan Perkembangan Bisnis
Bab 2. Dinamika Lingkungan Bisnis Dan Lingkungan Global
     Sekilas Lingkungan Bisnis
     Organisasi Bisnis dan Lingkungannya
     Perusahaan di Lingkungannya
     Menganalisis Lingkungan Bisnis
     Lingkungan Global
     Manfaat Bisnis Global/Internasional
     Arti Lingkungan Bisnis Internasional
     Faktor Lingkungan Bisnis Internasional
Bab 3. Strategi Bisnis Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
     Peluang dan Tantangan Era Revolusi Industri 4.0
     Strategi Bisnis Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Bab 4.  Penentuan Lokasi Perusahaan Yang Strategis
     Pentingnya Lokasi Perusahaan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan
     Metode Penentuan Lokasi Perusahaan
Bab 5. CSR Dan Keadilan Dalam Bisnis
     Latar Belakang
     Definisi Corporate Social Responsibility
     Model Umum CSR dan Sustainability
     Tingkat Corporate Social Responsibility
     Piramida CSR oleh Carro
     Tahap Implementasi CSR
     Manfaat Penerapan CSR
     Keadilan dalam Bisnis
     CSR dan Keadilan
Bab 6. Peran Dan Prinsip Etika Bisnis Dalam Perusahaan
     Etika Bisnis
     Aspek dan Sudut Pandang Bisnis
     Pendekatan Dasar Etika Bisnis
     Ruang Lingkup Etika Bisnis
     Alasan yang Mendasari Penerapan Etika Bisnis
     Alasan Penting Memahami Etika Bisnis
     Peran Penting Etika Bisnis dalam Perusahaan
     Prinsip Etika Bisnis dalam Perusahaan
     Tantangan dan Kendala dalam Menerapkan Etika
Bab 7. Peran Digitalisasi Bisnis Dalam Perkembangan Industri
     Pendahuluan
     Digitalisasi Bisnis
     Inovasi Bisnis pada Era Digital
     Startup Digital
     Business to Business Digital Content Marketing
Bab 8. Strategi Pemasaran E-Commerce
     Pengertian E-Commerce
     Pemasaran E-Commerce
     Pentingnya Pemasaran E-Commerce
     Faktor Penting yang Menentukan Kesuksesan
     Strategi Pemasaran E-Commerce
Bab 9. Peluang Dan Tantangan Bisnis Pada Era Digital
     Pendahuluan
     Bisnis Era Digital
     Internet of Things (IoT) sebagai Media Bisnis
     Pemasaran dengan Media Sosial
     Facebook sebagai Media Bisnis Digital
     Peluang dan Tantangan Bisnis pada Era Digital
Bab 10. Pengembangan SDM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis
     Pendahuluan
     Permasalahan yang Dihadapi Manajemen Sumber
     Strategi Manajemen
     Persaingan Bisnis
     Dampak Positif Adanya Persaingan Bisnis
Bab 11. Peranan Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Terhadap Perkembangan Ekonomi
     Lembaga Keuangan
     Pengertian Bank
     Fungsi Utama Bank
Cover Belakang