Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

1 Pembaca
Rp 125.000 58%
Rp 53.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 159.000 13%
Rp 45.933 /orang
Rp 137.800

5 Pembaca
Rp 265.000 20%
Rp 42.400 /orang
Rp 212.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sebelum Lahirnya Islam bangsa Arab dikenal sebagai bangsa yang sudah memiliki kemajuan dalam bidang ekonomi. Karakteristik masyarakat Arab adalah orang yang bersemangat tinggi dalam mencari nafkah, sabar menghadapi kekerasan alam, dan dikenal sebagi masyarakat yang cinta kebebasan. Penduduk Arab hidup dalam budaya. Badui. Mereka sangat menekankan hubungan kesukuan sehingga kesetian atau solidaritas kelompok menjadi sumber kekuatan bagi mereka.

Selanjutnya perekonomian bangsa Arab semakin berkembang setelah lahirnya Islam. Berdasarkan keterangan tersebut sebenarnya terdapat sejarah panjang tentang ekonomi sebelum kedatangan Islam. Akan tetapi menurut Adam Smith seorang tokoh Ekonomi Barat dalam bukunya The Wealth of Nation menyatakan bahwa ekonomi yang paling maju adalah ekonomi bangsa Arab yang dipimpin oleh Nabi Muhammad bin Abdullah dan orang-orang sesudahnya (Abdullah, 2010).

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Sri Wahyuni Hasibuan / Hasbi Ash Shiddieqy / Al Haq Kamal / Rusny Istiqomah Sujono / Andi Triyawan / Mohammad Zen Nasrudin Fajri / Abdul Muizz Abdul Wadud / Yuana Tri Utomo / Surepno / Zein Muttaqin / Dr. Misno, SHI., SE., MEI / Imam Asrofi / Rakhmawati / Farid Adnir / Ujang Syahrul Mubarrok
Editor: Andi Triyawan

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622271
Terbit: Desember 2021 , 294 Halaman










Ikhtisar

Sebelum Lahirnya Islam bangsa Arab dikenal sebagai bangsa yang sudah memiliki kemajuan dalam bidang ekonomi. Karakteristik masyarakat Arab adalah orang yang bersemangat tinggi dalam mencari nafkah, sabar menghadapi kekerasan alam, dan dikenal sebagi masyarakat yang cinta kebebasan. Penduduk Arab hidup dalam budaya. Badui. Mereka sangat menekankan hubungan kesukuan sehingga kesetian atau solidaritas kelompok menjadi sumber kekuatan bagi mereka.

Selanjutnya perekonomian bangsa Arab semakin berkembang setelah lahirnya Islam. Berdasarkan keterangan tersebut sebenarnya terdapat sejarah panjang tentang ekonomi sebelum kedatangan Islam. Akan tetapi menurut Adam Smith seorang tokoh Ekonomi Barat dalam bukunya The Wealth of Nation menyatakan bahwa ekonomi yang paling maju adalah ekonomi bangsa Arab yang dipimpin oleh Nabi Muhammad bin Abdullah dan orang-orang sesudahnya (Abdullah, 2010).

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book Chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dan Pengembangan keilmuan Ekonomi Islam di Indonesia.

Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam Pada Zaman Rasulullah, Khulafaurrasyidin, Dinasti Umayyah - Al Haq, Dinasti Abbasiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Yusuf, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Muhammad Bin Hasan Al-Syaibani, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ubaid Al Qasim Ibnu Sallam, Pemikiran Ekonomi Islam Yahya Bin Umar, Pemikiran Ekonomi Islam Al Mawardi, Pemikiran Ekonomi Islam Imam Al Ghazali, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Taimiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Ishaq Al-Syatibi, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaih, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Hazm.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Mantingan, 11 September 2021

Editor

Penulis

Sri Wahyuni Hasibuan - Ketertarikan menulis karena termotivasi dari penulis-penulis senior yang selalu penulis ingat yaitu niat ketika menulis adalah karena Allah dan tulis apa saja yang penting bermanfaat untuk orang lain terutama menyangkut tema yang sesuai dengan bidang kita.

Penulis Lahir di Tanjung Baringin Kab. Pdang Lawas Sumatera Utara pada tanggal 13 Februari 1988, berdomisili di Jl. Afnawi Nuh-Gg. Aminuddin Medan Denai Sumatera Utara. Menempuh pendidikan Formal Sekolah Dasar Negeri Hutaraja Tinggi di Kab. Padang Lawas. Kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Darul Mursyid Simanosor Julu Saipar Dolok Hole di Kab. Tapanuli Selatan. Selanjutnya meneruskan ke Sekolah Menengah Atas di Dharma Pancasila Medan.

Pendidikan Sarjana (S1) ditempuh pada Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (UNIMED) lulus pada tahun 2011. Kemudian melanjutkan pendidikan Master (S2) pada Jurusan Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED) lulus pada tahun 2014. Pada tahun 2016 mendapat beasiswa 5000 Doktor Program Kemenag Mora Scolarship pada jurusan Ekonomi Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan (UINSU) lulus pada tahun 2019. Saat ini bekerja sebagai dosen tetap di STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat, Sumatera Utara.
Hasbi Ash Shiddieqy - Ketertarikan penulis dalam ekonomi Islam sejak beliau kuliah di Politeknik Negeri Jakarta yaitu bekiau mengikuti Kuliah Informal Ekonomi Islam yang diadakan oleh Universitas Indonesia. Beliau adalah anak dari Bapak Sa’adi dan Ibu Auzul Suar. Beliau memiliki pengetahuan lebih mengenai Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Akuntansi Syariah.

Beliau juga melanjutkan Strata Satu di Universitas Pancasila dan melanjutkan program pasca sarjana di Universitas Azzahra. Beliau juga sangat menyukai sejarah Islam. Pada saat ini beliau aktif mengajar. Sejak tahun 2011, sudah mengajar di beberapa kampus yaitu seperti Universitas Pancasila, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia yang kini menjadi Institut STIAMI terakhir tahun 2019, Universitas Mercubuana yaitu tahun 2013 – 2014, dan sekarang memiliki home base di Institut Agama Islam Sahid Bogor yang terletak di desa pamijahan gunung menyan. Beliau sudah menikah dengan seorang wanita keturunan Jawa dengan nama Amri Fathonah yang dikaruniai empat orang anak yaitu Ahmad Hadziq, Aisyah, Abdurrohman dan Amirah.
Al Haq Kamal - Lahir di Yogyakarta bulan April 1989. Telah menyelesaikan studi sarjana (S-1) Ekonomi Islam Program Studi Keuangan Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2011 dan Master of Arts bidang Ekonomi Islam di Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada tahun 2016. Pada tahun 2016 mengawali jejak karir sebagai dosen program studi strata 1 Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata Yogyakarta dengan area interest Teori Ekonomi Islam dan Kajian Industri Halal. Saat ini sedang menempuh pendidikan doctoral bidang Islamic Banking and Finance di Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah International Islamic University (UniSHAMS) Malaysia.
Rusny Istiqomah Sujono - Lahir di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan Pada Tanggal 07 Agustus 1994 Anak Pertama dari dua bersaudara dari pasangan Ayahanda Achmad Syuhada dan Ibunda Rusniah. Mulai memasuki pendidikan formal pertama di SMP Negeri 1 Kotabaru, dari SMP Penulis Langsung melanjutkan sekolah ke Yogyakarta di MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tamat Tahun 2012. Setelah Lulus penulis melanjutkan Ke Program Sarjana (S1) di STEI Yogyakarta Pada Program Studi Manajemen Perbankan Syariah Lulus Pada Tahun 2016, Setelah Lulus Penulis melanjutkan Ke Program Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada Pada Program Studi Magister Agama dan Lintas Budaya dengan minat studi Ekonomi Islam Lulus Pada Tahun 2018 dengan Judul Tesis “Pengelolaaan Wakaf Uang pada LKS-PWU di Indonesia”. Setelah lulus penulis melanjutkan perkuliahan Program Doktor di Universitas Gadjah Mada pada Program Studi Perekonomian Islam dan Industri Halal dengan konsentrasi Ekonomika Islam dan Pembangunan hingga sekarang. Penulis selama kuliah magister pernah menjadi dosen panggil di STEI Yogyakarta mengajar kelas karyawan dengan mata kuliah Bahasa Inggris dan Matematika Bisnis. Di tahun 2018 Penulis menjadi Dosen Luar Biasa di UIN Antasari Banjarmasin mengajar matakuliah Matematika Perbankan, Metodologi Penelitian dan Dasar-Dasar Perbankan Syariah.


Andi Triyawan - Ketertarikan penulis terhadap isu-isu ekonomi dimulai pada tahun 2004 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Univesitas Darussalam Gontor dengan memilih jurusan muamalat dan berhasil lulus pada tahun 2008. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan Master dengan beasiswa dari Dikti ke Universitas Gadjah Mada, dan berhasil menyelesaikan studi S-2 di bidang Ekonomi Islam pada tahun 2012. Selepas itu, penulis menjadi Dosen di Universitas Darussalam Gontor pada prodi Ekonomi Islam, dan pada 2019 mendapatkan beasiswa Malaysia International Scholarship untuk studi Doktoral di Univesitas Sains Islam Malaysia. Penulis memiliki kepakaran di bidang Ekonomi Islam dan Ekonomi Internasional, dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Mohammad Zen Nasrudin Fajri - lahir di Gresik pada tanggal 23 Juni 1990, anak pertama dari empat bersaudara dari pasangan Ayahanda Ma’ruf dan Ibunda Murdiyati. Penulis mengeyam pendidikan formal dasar di SDN Sidomulyo, Sidayu, Gresik tamat tahun 2003. Pendidikan menengah dtempuh di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu, Gresik tamat tahun 2005. Setelah itu penulis melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Pusat, Ponorogo dan tamat tahun 2008. Setelah itu, pendidikan S-1 ditempuh di Institut Studi Islam Darussalam (sekarang Universitas Darussalam Gontor) pada pogram studi Hukum Ekonomi Syari’ah sampai tahun 2013. Kemudian pendidikan S-2 ditempuh di International Islamic University (IIUM) pada 2016-2019.

Penulis adalah Dosen Tetap di Universitas Darussalam Gontor prodi Ekonomi Islam, mengajar mata kuliah Ekonomi Makro Islam, Ekonomi Pembangunan Islam dan Matematika Ekonomi. Selain Sebagai Dosen Tetap Penulis Juga di Amanahi Tugas Tambahan Sebagai Kepala Bagian Keuangan Universitas Darussalam Gontor.
Abdul Muizz Abdul Wadud - Lahir pada tanggal 27 Agustus 1987 di Kairo dari pasangan pendidik, menjadikan penulis sejak kecil hidup dalam lingkungan religius dan cinta ilmu. Sejak belia ia menamatkan pendidikan dasar di Mesir selama 3 tahun, kemudian dilanjutkan menamatkan pendidikan dasarnya di Jakarta. Pendidikan menengah ditempuh oleh penulis di Kuwait dengan nilai yang sangat memuaskan. Kecintaannya pada dunia tulis menulis dimulai sejak ia menjalani kuliah S1 di Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia tahun 2006, jurusan Syari’ah. Ia banyak menulis artikel yang dicetak pada media kampus saat itu. Di saat yang sama, penulis mendapatkan kesempatan mengikuti Lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh kerajaan Arab Saudi kategori 15 juz. Pada tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Indonesia jurusan Ekonomi Syari’ah, dan sejak saat itulah tulisan-tulisannya banyak berkaitan dengan dunia ekonomi islam. Salah satu hasil karya penulis adalah buku Sejarah, Permasalahan dan Solusi Perwakafan di Indonesia, yang menjadi rujukan dalam mata kuliah Fiqh Muamalah. Saat ini penulis menjadi kandidat doktor di Institute of Islamic Banking and Finance, International of Islamic University of Malaysia (IIUM), Malaysia. Kini ia aktif sebagai dosen prodi ekonomi Syari’ah Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam, IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.
Surepno - Lahir di Desa Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Pada Tanggal 19 September 1989 Anak Ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Ayahanda Zaenuri dan Ibunda Tumisih. Mulai memasuki pendidikan formal di MI Islamiyah Bandengan Tamat Tahun 2002, dari MI Lulus Penulis Langsung melanjutkan Ke MTS Mathalibul Huda dan lulus Tahun 2005, Setelah Lulus penulis melanjutkan Ke SMAN 1 Jepara, dan lulus pada Tahun 2008. Setelah Lulus penulis Melanjutkan Ke Program Sarjana (S1) di Universitas Negeri Semarang Pada Program Studi Akuntansi Lulus Pada Tahun 2013, Setelah Lulus Penulis Melanjutkan Ke Program Pascasarjana di Universitas Diponegoro Pada Program Studi Magister Akuntansi Lulus Pada Tahun 2015.
Zein Muttaqin - Lahir di Balikpapan tanggal 14 Januari 1990. Telah menyelesaikan studi sarjana (S-1) di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta tahun 2012 dan Master of Arts (S-2) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2014. Pada tahun 2015 mengawali jejak karir di Institusi Swasta terkemuka Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan mengajar matakuliah-matakuliah ekonomi Islam. Saat ini sedang melanjutkan Pendidikan S-3 di International Islamic University Malaysia, Kuala Lumpur.
Dr. Misno, SHI., SE., MEI - Dr. Misno, SHI., SE., MEI menyelesaikan Pendidikan Strata 1 pada Program Studi Hukum Keluarga Islam STAI Al-Hidayah tahun 2006, kemudian Magister pada Prodi Ekonomi Syariah Universitas Ibn Khaldun tahun 2008 dan Program Doktoral Prodi Hukum Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2014.
Imam Asrofi - Lahir di Desa Mekar Sari Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Lampung Utara Pada Tanggal 09 Desember 1990 Anak Pertama dari Dua bersaudara dari pasangan Ayahanda Mujiono dan Ibunda Rubiati. Mulai memasuki pendidikan formal pertama di TK Swasembada 5 Mekar Sari Jaya Tamat Tahun 1997, dari TK Penulis Langsung Melanjutkan di MI Amanah 1 Mekar Sari Jaya Tamat Tahun 2003, dari MI Amanah I Setelah Lulus Penulis Langsung melanjutkan Ke SMPN 1 Lambu Kibang Kibang Lulus pada Tahun 2006, Setelah Lulus Lalu penulis melanjutkan Ke MAN Trenggalek, Jawa Timur dan lulus pada Tahun 2009. Setelah Lulus penulis Melanjutkan Ke Program Sarjana (S1) di STAI Tulang Bawang Lampung Pada Program Studi Ekonomi Syariah Lulus Pada Tahun 2013, Setelah Lulus Penulis Melanjutkan Ke Program Pascasarjana di UIN Raden Intan Lampung Pada Program Studi Ekonomi Syariah Lulus Pada Tahun 2017 dengan Judul Tesis “Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan PT. BPRS Tani di Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung”
Rakhmawati - Penulis menempuh pendidikan S1 Statistika di IPB dan lulus tahun 2011. Pada tahun 2012, penulis melanjutkan studi S2 di UGM pada minat studi Ekonomi Islam dengan beasiswa Sekolah Pascasarjana UGM. Penulis lulus pada tahun 2014 dan menjadi wakil wisudawan. Setelah lulus S2, penulis bekerja sebagai tutor Universitas Terbuka Surakarta dan dosen di FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada tahun 2016, penulis kembali mengambil studi S2 di UGM pada program studi Ilmu Ekonomi FEB. Pada pendidikan S2 kali ini penulis mengambil konsentrasi Ekonomi Pembangunan karena dirasa paling dekat dengan bidang Ekonomi Islam. Penulis bekerja sebagai dosen tetap Universitas Islam Indonesia pada program studi Ekonomi Islam FIAI sejak tahun 2016. Buku yang telah dihasilkan berjudul Modul Praktikum Ekonometrika, book chapter metodologi penelitian Ekonomi Islam, dan antologi manajemen keuangan Islam. Penulis juga aktif mengunggah video pembelajaran di kanal Youtube. Menulis perihal pemikiran tokoh Muslim tentang ekonomi Islam merupakan hal yang menarik karena dapat selain mengetahui perjalanan hidup tokoh Muslim yang pastinya menginspirasi, penulis juga mempelajari bagaimana relevansinya dengan ekonomi modern.
Farid Adnir - Lahir di Batu Bara tanggal 04 Januari 1987. Telah menyelesaikan studi sarjana (S-1) di Al Azhar Cairo Mesir tahun 2010 dan S2 Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara tahun 2014. Pada tahun 2015 mengawali jejak karir sebagai dosen, saat ini berada pada Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Selain mengajar di Fakultas Ushuluddin penulis juga mengajar di Fakultas Ekonomi pada matakuliah tafsir dan hadits tentang ekonomi. Saat ini sedang melanjutkan Pendidikan S-3 di Pascasarjana UIN SU. Adapun karya penulis berupa jurnal yaitu dengan judul Korelasi Fiqh dan Sunnah Menurut Pemikiran Jamal Al Bana serta Halal dan Haram Dalam Perspektif Hadis.
Ujang Syahrul Mubarrok - Lahir di Kediri, 18 Juni 1983 adalah dosen Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri. Riwayat Pendidikan tinggi gelar strata 1 2007 pada Sastra Arab, Fakultas Adab, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Sekarang UIN), kemudian dilanjutkan strata II 2009 ekonomi Islam pada Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia. Pada tahun 2011 kembali mengambil strata 1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kediri lulus 2015, dan melanjutkan strata 2 Magister Manajemen pada Program Pascasarjan Universitas Islam Kediri lulus 2017.

Editor

Andi Triyawan - Ketertarikan penulis terhadap isu-isu ekonomi dimulai pada tahun 2004 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Univesitas Darussalam Gontor dengan memilih jurusan muamalat dan berhasil lulus pada tahun 2008. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan Master dengan beasiswa dari Dikti ke Universitas Gadjah Mada, dan berhasil menyelesaikan studi S-2 di bidang Ekonomi Islam pada tahun 2012. Selepas itu, penulis menjadi Dosen di Universitas Darussalam Gontor pada prodi Ekonomi Islam, dan pada 2019 mendapatkan beasiswa Malaysia International Scholarship untuk studi Doktoral di Univesitas Sains Islam Malaysia. Penulis memiliki kepakaran di bidang Ekonomi Islam dan Ekonomi Internasional, dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam pada Zaman Rasulullah
     Pendahuluan
     Biografi Rasulullah
     Pemikiran Ekonomi Islam Rasulullah
Bab 2. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Zaman Khulafar Rasyidin
     Nasab Keturunan Abu Bakar Ash Shiddiq
     Kebijakan Ekonomi Pada Masa Abu Bakar Ash Shiddiq
     Relevansinya dengan Saat Ini
     Nasab Umar Ibnul Khattab r.a.
     Kebijakan – Kebijakan Ekonomi yang Dilakukan Oleh
     Relevansinya dengan Saat Ini
     Nasab Utsman Ibnu Affan r.a.
     Kebijakan Ekonomi Utsman bin Affan r.a.
     Relevansinya pada Saat Ini
     Nasab Ali bin Abi Thalib
     Kebijakan Ekonomi Ali Bin Abi Thalib
     Relevansinya Saat Ini
Bab 3. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Zaman Bani Umayyah
     Latar Belakang Masalah
     Khalifah Umar ibn Abdul Aziz
     Gubernur Nasr bin Sayyar
     Keruntuhan Dinasti Umayah
     Kesimpulan
Bab 4. Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam Pada Dinasti Abbasiyah
     Biografi Bani Abbasiyah
     Mengenal Kekhalifahan Abbasiah (750-1258 M)
     Masa Pemerintahan Dinasti Abbasiyah
     Pemikiran Perekonomian
     Relevansi Dalam Perekonomian Modern
Bab 5. Pemikiran Ekonomi Abu Yusuf; Relevansinya Pada Ekonomi Modern
     Biografi Abu Yusuf
     Pemikiran Ekonomi
     Perpajakan
     Relevansi Pemikiran Abu Yusuf pada Ekonomi Modern
Bab 6. Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Muhammad Bin Hasan Al-Syaibani
     Biografi Tokoh
     Pemikiran Muhammad bin Hasan al-Syaibani
     Relevansi Pemikiran Muhammad bin Hasan
Bab 7. Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ubaid Al-Qasim Ibnu Sallam
     Biografi Abu Ubaid
     Pemikiran Ekonomi Abu ‘Ubaid
     Perbandingan Konsep Pemikiran Abu ‘Ubaid dan
Bab 8. Pemikiran Ekonomi Yahya Bin Umar
     Biografi Tokoh
     Pemikiran Ekonomi Yahya Bin Umar
     Pengawasan Pasar
     Penetapan Harga (Tas’ir)
     Relevansinya Pada Ekonomi Modern
Bab 9. Pemikiran Ekonomi Islam Al Mawardi
     Biografi Tokoh
     Pemikiran Ekonomi Al-Mawardi
     Negara dan Aktivitas Ekonomi
     Konsep Baitul Mal
Bab 10. Pemikiran Ekonomi Islam Imam Al-Ghazali
     Biografi Imam Al-Ghazali
     Pemikiran Ekonomi Islam Imam Al-Ghazali
     Relevansi Pemikiran Ekonomi Imam Al-Ghazali di Era
Bab 11. Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah
     Pendahuluan
     Biografi Ibnu Taimiyah
     Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah
     Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Dengan
Bab 12. Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Ishaq Al-Syatibi
     Biografi Tokoh
     Konsep Pemikiran Maqasid Syari’ah Abu Ishaq
     Relevansi Pemikiran Abu Ishaq Al-Syatibi dengan
Bab 13. Pemikiran Ekonomi Ibnu Khaldun
     Biografi Ibnu Khaldun
     Teori-Teori Ekonomi Ibnu Khaldun
     Teori Nilai, Uang, dan Harga
     Teori Distribusi
     Teori Siklus
     Khaldun-Laffer Curve
     Model Pembangunan Ibnu Khaldun
     Penutup
Bab 14. Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaihi
     Biografi Tokoh
     Karya Karya Ibnu Miskwaihi
     Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaih
     Relevansi Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaih di
Bab 15. Pemikiran Ekonomi Islam Ibn Hazm
     Pendahuluan
     Biografi Ibn Hazm
     Kitab Karangan Ibn Hazm
     Pemikiran Ekonomi Islam Ibn Hazm
     Sewa Menyewa Tanah
     Signifikansi Zakat
     Relevansi Pemikiran Ibn Hazmi dengan
     Jaminan Sosial dan BPJS
     Manajemen Zakat di Indonesia
Cover Belakang