Pentingnya menjaga kesetiaan mata

Majalah Mens Obsession - Edisi 12/2017
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 12/2017

Mata. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Tahukah Anda bahwa perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, terutama kehadiran smartphone dapat berakibat buruk terhadap kesehatan mata? Terutama kelelahan pada mata karena efek dari cahaya yang ditimbulkan.

Apalagi adanya fitur-fitur menarik pada smartphone yang terkadang membuat kita betah berlama-lama bermain dengan smartphone masing-masing, bahkan hingga lupa waktu tanpa mempedulikan kesehatan mata.

Ya, menjaga kesehatan mata itu memang tidaklah mudah, apalagi jika kita sendiri tidak pernah menyadari dampak yang ditimbulkan dari cahaya, baik itu cahaya yang dikeluarkan dari smartphone maupun cahaya lampu. Untuk itu dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K), Humas Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), menyarankan untuk mengatur pencahayaan di dalam rumah.

Menurutnya pencahayaan yang baik adalah pencayahaan yang merata, kemudian iluminasinya optimal jadi tidak selalu berarti maksimal karena jika terlalu terang akan silau dan kalau terlalu redup itu akan susah untuk melihat objek, itu semua harus optimal agar sinar itu tidak berkembang dalam artian tidak ada efek flickernya.

Mata adalah organ yang sangat berharga. Oleh karena itu, kesehatan mata juga harus mendapatkan perhatian yang lebih. Jangan sampai karena untuk kesenangan kita terhadap gadget atau smartphone, sehingga melupakan hal yang begitu penting yaitu kesehatan mata.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan memaksimalkan fungsi penglihatan kita, yaitu salah satunya dengan melakukan kegiatan di luar ruangan seperti naik sepeda, berenang, itu semua dilakukan untuk menghindari melihat gadget dengan jarak dekat karena hal ini dapat mengurangi eye screen, terutama pada anak yang susah untuk melepaskan gadgetnya.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI