Test darah: Deteksi penyakit

Majalah Mens Obsession - Edisi 02/2017
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 02/2017

Kecuali mengetahui kondisi darah dari balik mikroskop untuk mengidentifikasi langkah-langkah apa yang harus diambil demi melindungi kesehatan. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Tak sedikit dari kita menganggap tes darah hanya untuk melengkapi persyaratan dokumentasi atau medical check up, tetapi sesungguhnya dari tes darah kita dapat mengetahui bagaimana kondisi tubuh kita yang sebenarnya.

Jika sudah melakukan cek darah secara rutin, kita dapat mengetahui kondisi perkembangan atau penurunan tubuh. Tes darah mendeteksi penyakit sejak dini, hal ini harus diketahui jika ada penyakit di dalam tubuh yang tidak menimbulkan gejala-gejala tertentu.

Selain itu, dapat membantu kita untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh, karena hampir dua-pertiga kondisi kesehatan tubuh bisa dilihat dari hasil cek darah. Terdapat banyak tes darah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit dalam tubuh sejak dini.

Beberapa tes darah tersebut bisa disebut dengan screening test untuk mengetahui kondisi secara keseluruhan. Tes Darah Lengkap (Complete Blood Count / CBC). Jenis tes darah untuk menunjang diagnosa suatu penyakit, atau melihat respon tubuh terhadap suatu penyakit.

Mengukur konsentrasi darah putih, sel darah merah, dan trombosit dalam darah. Hasil dari tes ini dapat membantu dokter dalam melakukan diagnosa penyakit seperti anemia, infeksi, kanker darah, dan masalah kesehatan dengan gejala seperti kelelahan, kelemahan, dan memar.

Tes Fibrinogen. Tes darah ini merupakan kontributor penting dalam faktor pembekuan darah. Tingginya kadar fibrinogen dapat menunjukan adanya peradangan. Selain itu, dalam kadar tingginya dapat menunjukan penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan radang ginjal. Nilai optimal dari fibrinogen adalah 295-369 mg / dL.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI