Tampilkan di aplikasi

Sekali lagi tentang imunitas

Majalah Mens Obsession - Edisi 198
27 Agustus 2020

Majalah Mens Obsession - Edisi 198

Lawan virus

Mens Obsession
Di era pandemi Corona ini, salah satu hal yang penting untuk terus diingatkan adalah tentang pentingnya meningkatkan imunitas tubuh kita. Sebab, antibodi yang terbentuk dari sistem imun bisa menetralkan racun dari organisme. Tanpa sistem kekebalan tubuh (imun) yang baik, seseorang akan mudah terserang penyakit akibat bakteri maupun virus.

Terlebih bagi orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta, seperti asma, diabetes, hipertensi hingga obesitas akan lebih rentan terpapar virus dan bakteri. Terutama virus Corona yang mewabah saat ini. Nah, untuk seseorang yang memiliki komorbid di masa pandemi ini ada baiknya menghindari sejumlah makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak.

Menurut Annis Catur Adi ahli gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair), konsumsi gula garam dan lemak yang tinggi akan menurunkan imunitas tubuh. Contoh makanan yang mengandung zat gizi yang berperan penting dalam sistem imun adalah makanan yang mengandung zat gizi mikro dan antioksidan.

Contoh makanan yang mengandung zat gizi mikro adalah apel, jeruk, ubi jalar, asparagus, bawang merah, bawang putih, brokoli, pepaya, wortel. Selain itu, ada juga bahan makanan lainnya, yakni yang mengandung zink untuk memenuhi zat mikro adalah kacang-kacangan, ayam, yoghurt, buncis, labu kuning, jamur, sereal, daging.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI