Tampilkan di aplikasi

Perlukah konselor pernikahan

Majalah Mens Obsession - Edisi 204
16 Februari 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 204

Konseling pernikahan

Mens Obsession
Konseling pernikahan tidak hanya dibutuhkan bagi pasangan yang sedang berada di ujung perceraian. Terdapat ada hal-hal lain di luar ambang perceraian yang bisa saja membutuhkan jasa terapi pasangan.

Tanda-tanda pasangan perlu konseling perkawinan, salah satunya jika keduanya sudah tidak bisa saling mengobrol santai atau berbagi cerita. Atau ketika perkataan serta tindak-tanduk pasangan mudah sekali menyulut kemarahan dan emosi, bahkan saling menyalahkan dan selalu mengkritik tanpa solusi. Padasaat itulah, pasangan mulai membutuhkan profesional untuk membantu satu sama lain melihat hal-hal yang mendasari permasalahan secara objektif.

Jika pasangan masih saling mencintai pasangan, tetapi merasakan pernikahan di dalam kondisi yang sulit, tak ada salahnya mengambil pendekatan proaktif dengan konselor pernikahan untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah kecil sebelum menjadi lebih besar karena komunikasi merupakan dasar keintiman emosional. Seorang terapis perkawinan dapat menawarkan strategi komunikasi yang tidak hanya membantu menyediakan ruang berbicara, tetapi juga saling terbuka dan berbagi.

Peristiwa kehidupan traumatis seperti kehilangan anak atau penyakit yang serius juga memiliki potensi untuk menciderai kebahagian rumah tangga. Dalam hal ini, konseling pernikahan dapat membantu pasangan dalam mengelola stres dan mengenali perasaan yang asing serta bercampur aduk.

Tidak ada perkawinan tanpa masalah, tapi apa pun masalahnya jika tidak dibereskan, akan membuat ketidaknyamanan dan ketika terus didiamkan akan membuat pernikahan terasa sangat menyiksa. Masalah dalam pernikahan yang terlalu lama tidak diselesaikan bisa memengaruhi kesehatan mental suami dan istri. Namun, waktu juga menjadi faktor keefektifan konseling. Semakin cepat pasangan datang pada konselor, semakin cepat pula masalahnya dapat ditangani sebelum kian kompleks dan menjalar ke mana-mana.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI