Tampilkan di aplikasi

Bersiasat di tengah pandemi

Majalah Mens Obsession - Edisi 204
16 Februari 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 204

Pandemi yang meluluhlantakkan semua lini kehidupan dalam masyarakat. Rontoknya sektor pariwisata ikut andil dalam mempercepat merosotnya perekonomian

Mens Obsession
Pandemi sepertinya masih enggan pergi. Penerapan kebijakan pemerintah dari mulai PSBB, PPKM silih berganti, dengan harapan mempercepat enyahnya pandemi ini. Beberapa ahli mengatakan bahwa pandemi setidaknya akan hilang dalam kurun waktu 4 tahun, tetapi untuk Indonesia dengan jumlah penduduk ke-4 terbanyak di dunia di perkirakan berakhirnya pandemi sampai dengan 10 tahun kedepan. Benarbenar suatu keadaan yang memprihatinkan.

Pandemi yang meluluhlantakkan semua lini kehidupan dalam masyarakat. Rontoknya sektor pariwisata ikut andil dalam mempercepat merosotnya perekonomian, dengan melemahnya supporting bisnis seperti penerbangan, hotel, mal, restoran, yang memberikan multiplier effect kepada jenis-jenis pekerjaan penunjang. Tidak hanya pada sektor pariwisata, sektor-sektor lain pun sangat banyak terkena imbas. Pandemi konon mengakibatkan hilangnya 85 juta pekerjaan di dunia yang berakibat pada berkurangnya tenaga kerja yang dibutuhkan. PHK menjadi solusi bagi para pengusaha.

Ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, dinamika geopolitik diberbagai belahan dunia dan perubahan teknologi industri 4.0, ekonomi digital merupakan kondisi global yang terjadi pada saat ini mendominasi perlemahan perkonomian masyarakat di Indonesia. Sementara untuk kondisi dalam negeri sendiri, pertumbuhan ekonomi rata-rata dikisaran 5% di 5 tahun terakhir dimana peran UMKM terhadap PDB sebesar 60,3% dan dari koperasi 5,1%.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI