Tampilkan di aplikasi

Salatiga Kota Paling toleran 2020

Majalah Mens Obsession - Edisi 206
29 Maret 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 206

Menurut survei terbaru dari Setara Institute, kota Salatiga, Jawa Tengah dinobatkan sebagai kota paling toleran se-Indonesia tahun 2020

Mens Obsession
Berdasarkan siaran pers penghargaan diserahkan Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tumpak Haposan Simanjuktak kepada Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris di Jakarta, beberapa waktu lalu. Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersyukur atas Penghargaan Kota Paling Toleran untuk kota yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah, Salatiga mendapapredikat sebagai Kota Tertoleran, ini membanggakan, tetapi juga menjadi tantangan untuk dipertahankan,” ungkap Yuliyanto.

Menurutnya, faktor pendukung keberhasilan Kota Salatiga mendapat penghargaan sebagai Kota Paling Toleran adalah tidak adanya diskriminasi dalam pembuatan kebijakan. “Semua forkompinda, masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat saling bersinergi demi toleransi.” Selain itu, ia juga menyoroti keberhasilan pembangunan ekonomi dan manusia yang menunjang terwujudnya toleransi sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh isu yang memecah belah persatuan.

Dengan demikian, Kota Salatiga mampu mewujudkan kehidupan yang toleran dengan berbagai suku, agama, etnis, dan budaya yang ada di kota ini sehingga bisa disebut sebagai kota miniatur Indonesia yang majemuk.

“Terima kasih kepada Setara Institute atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami persembahkan penghargaan ini kepada warga Kota Salatiga yang selalu hidup rukun dan menjunjung tinggi toleransi. Berbagai suku, etnis, agama, dan budaya hidup berdampingan di miniatur mini Indonesia ini, yaitu Kota Salatiga,” ujarnya.

Indeks kota toleran (IKT) ini dilaksanakan Setara Institute sepanjang 2020 pada 94 entitas kota di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode triangulasi dengan membandingkan data yang diperoleh dari scoring 8 indikator dengan data sekunder dan self assessment masingmasing pemerintah kota.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI