Tampilkan di aplikasi

Lestarikan tari serimpi lewat karya lukis

Majalah Mens Obsession - Edisi 210
2 Agustus 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 210

Karya Lukis

Mens Obsession
Purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Udara, Marsma (purn) Akbar Linggaprana, menciptakan karya lukis bertema Tari Serimpi. Dengan detail dia menggambarkan kostum Tari Serimpi; mekak, sampur, slepe, ketu irah-irahan, gelang, juga tatanan rambut, dan riasannya. Gerakan-gerakan tari juga tergambar, wiraga yang begitu kuat terlihat di dalam ilustrasinya. Penari yang ayu, dengan wajah teduh dan kalem dikenali benar olehnya, dan digoreskan dalam karya lukisnya.

Lukisan Lingga mengawinkan antara kontemporer dengan kontepelasi masa lalu. Dia adalah seorang intelektual, gambaran yang diambil dari citraan itu pada akhirnya mengangkat multitafsir.

Tari Serimpi sendiri merupakan salah satuan tarian Jawa klasik dari Kerajaan Mataram Islam di masa pemerintahan Sultan Agung. Namun, seiring dengan adanya perjanjian Giyanti yang dilakukan pihak VOC dengan Sunan Pakubuana III pada 1755, Kerajaan Mataram pecah menjadi dua, yakni Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta berimbas pada Tari Serimpi. Di mana terjadi perbedaan gerakan pada dua kerajaan tersebut meski inti tariannya masih sama.

“Sejak dari zaman kuno, Tari Bedaya dan Tari Serimpi sudah memiliki kedudukan khusus di keraton Jawa, tidak dapat disamakan dengan tari pentas lain karena sifatnya yang sakral, termasuk pusaka keraton. Dahulu tari ini hanya boleh dipentaskan oleh orang-orang pilihan keraton,” tambah Lingga.

Dalam pertunjukannya, Tari Serimpi selalu menampilkan kisahkisah pahlawan, seperti Mahabarata, Ramayana, Menak, Purwa, dan sejarah Jawa lainnya. Tari Serimpi, kata Lingga, adalah simbol abadi pertarungan dua hal yang bertentangan, yakni baik/buruk, benar/salah, serta akal/nafsu. Lingga menuturkan, dalam melahirkan seri lukis Tari Serimpi ini, dia harus melakukan proses yang panjang.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI