Tampilkan di aplikasi

Airless tire revolusi ban mobil

Majalah Mens Obsession - Edisi 214
22 November 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 214

Airless Tire

Mens Obsession
Mungkin ini menjadi kabar tak sedap bagi pelaku bisnis tambal ban, pasalnya sejumlah pabrikan ban dunia sudah bersiap meluncurkan produk ban tanpa udara atau airless tire alias ban anti kempes yang menjadi salah satu konsep masa depan dalam industri otomotif.

Sesuai namanya, ban ini benar-benar bisa digunakan tanpa perlu mengisi angin untuk bisa berjalan dan penggunanya juga tidak harus repot lagi mengecek tekanan angin dalam ban.

Berapa produsen tengah berupaya memproduksi ban tersebut seperti Bridgestone dan Michelin. Bahkan Michelin telah ancang-ancang melepas produk yang dinamakan UPTIS (Unique Puncture-proof Tire System) itu mulai tahun 2024.

Bentuknya tak berbeda dengan ban konvensional, hanya saja karena ini ban tanpa angin maka tidak dirancang menampung udara, dengan begitu bentuk bagian dindingnya didesain berlubang. Struktur unik pada dinding ban tersebut berfungsi untuk menyangga antara pelek dengan bagian tapak ban.

Keberadaan struktur yang unik itu juga yang berfungsi untuk meredam guncangan, sehingga akan membantu kinerja suspensi. Daya kejut saat menghantam jalan berlubang atau tidak rata dapat diredam.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI