Tampilkan di aplikasi

Kesehatan mental selama pandemi

Majalah Mens Obsession - Edisi 216
28 Desember 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 216

Pandemi

Mens Obsession
Selama pandemi, banyak orang tidak baik-baik saja. Bukan cuma kondisi fisik dan finansial yang terganggu, tetapi juga kesehatan mental. Namun, topik kesehatan mental masih jarang dibicarakan di ruang publik. Bahkan, di Indonesia sendiri belum banyak penelitian mengenai hal tersebut. Karena itulah, beberapa waktu lalu bertepatan dengan bulan kesehatan mental, Into The Light, sebuah komunitas pencegahan bunuh diri remaja di Indonesia, bekerja sama dengan Change.org Indonesia melakukan survei untuk mencari tahu bagaimana kondisi psikologis dan penggunaan layanan kesehatan mental masyarakat di Tanah Air.

Selama kurang lebih sebulan melakukan survei daring, ada 5211 orang yang mayoritas berdomisili di enam provinsi di Pulau Jawa. Peserta survei beragam, dari segi jenis kelamin, usia, kondisi disabilitas, ketertarikan seksual, dan status HIV. Berdasarkan hasil survei ditemukan hampir semua partisipan merasa kesepian dalam sebulan terakhir mental. Apakah pilihan ini tepat ketika mengalami masalah kesehatan mental? Menurut survei, kesepian ini ditemukan merata pada seluruh anggota kelompok umur, area domisili, suku, riwayat pendidikan, pekerjaan, agama, jenis kelamin, ketertarikan seksual, status HIV, dan disabilitas, 95% sampai 100% anggota setiap kelompok merasa kesepian.

Masih banyak stigma seputar kesehatan mental dan bunuh diri yang beredar di masyarakat. Tidak heran jika banyak informasi dan pemahaman mengenai bunuh diri di tengah masyarakat yang tidak benar atau sesat, menjadi mitos yang berulangulang. Berdasarkan hasil survei, tidak ada partisipan yang menjawab dengan benar seluruh pertanyaan tentang fakta bunuh diri. Artinya, pengetahuan partisipan tentang fakta dan penyebab bunuh diri masih minim.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI