Tampilkan di aplikasi

Buku MNC Publishing hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Golden Age Parenting

Periode Emas Tumbuh Kembang Anak

1 Pembaca
Rp 120.000 27%
Rp 88.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 264.000 13%
Rp 76.267 /orang
Rp 228.800

5 Pembaca
Rp 440.000 20%
Rp 70.400 /orang
Rp 352.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini menguraikan secara sederhana tentang perkembangan anak usia dini dan mengenal masa Tumbuh Kembang Anak. Masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa golden age ini, pembentukan system saraf secara mendasar sudah terjadi hubungan antara selsel saraf. Kuantitas dan kualitas sambungan ini menentukan kecerdasan balita. Buku ini juga dimaksudkan sebagai pengantar bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan, mengenai Psikologi Perkembangan anak usia dini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Dr. Susy Setiowati, M.Pd

Penerbit: MNC Publishing
ISBN: 9786024625542
Terbit: Desember 2021 , 187 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini menguraikan secara sederhana tentang perkembangan anak usia dini dan mengenal masa Tumbuh Kembang Anak. Masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa golden age ini, pembentukan system saraf secara mendasar sudah terjadi hubungan antara selsel saraf. Kuantitas dan kualitas sambungan ini menentukan kecerdasan balita. Buku ini juga dimaksudkan sebagai pengantar bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan, mengenai Psikologi Perkembangan anak usia dini.

Pendahuluan / Prolog

Golden Age Parenting
Puji syukur ke Hadapan Tuhan yang Maha Esa atas Karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan penulisan buku yang berjudul: “Golden Age Parenting”. Buku ini menguraikan secara sederhana tentang perkembangan anak usia dini dan mengenal masa Tumbuh Kembang Anak. Masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa golden age ini, pembentukan system saraf secara mendasar sudah terjadi hubungan antara selsel saraf. Kuantitas dan kualitas sambungan ini menentukan kecerdasan balita.

Sebagai Guru/Calon guru PAUD bahkan para pemerhati anak usia Dini dan para orang tua, dalam melaksanakan bimbingan dan pengasuhan anak membutuhkan kreativitas dan metode pembelajaran yang adaptif dalam menghadapi anak usia dini zaman sekarang.

Dunia yang terus bergerak maju, dituntut untuk menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi. Bagi Guru, mengajar di kelas lima belas tahun yang lalu, tentu sangat berbeda ketika mengajar pada hari ini.

Telah banyak perubahan baik secara fasilitas belajar maupun karakter siswa. Kreatif dan inovatif menjadi tuntutan yang tidak bisa ditawar lagi untuk sucsesnya pembelajaran. Buku ini merupakan salah satu komponen penting yang layak diketahui para pengajar PAUD, Ayah Bunda dan Keluarga. Pemahaman yang benar terhadap perkembangan anak usia dini akan menuntun para orang tua bagaimana cara mendidik, mengasuh anak dan para guru dalam mendesain pembelajaran yang cocok dengan perkembangan anak.

Pembelajaran berbasis perkembangan anak akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Pembelajaran yang tidak memperhatikan perkembangan anak akan membuat anak bosan atau frustrasi. Jika anak bosan dan frustrasi, para guru juga akan tertular rasa bosan dan frustrasi juga ketika mengajar. Dasar pikir ini yangmenjadikanpengetahuan tentang perkembangan anak usia dini merupakan salah satu komponen dari kompetensi pedagogik seorang guru.

Buku ini juga dimaksudkan sebagai pengantar bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan, mengenai Psikologi Perkembangan anak usia dini.

Isi Buku Golden Age perkembangan anak usia dini ini terdiri dari 6 Bab. Bab I merupakan pengenalan tumbuh kembang anak, penjelasan masa golden Age anak, dan Psikologi Perkembangannya, kemudian dalam Bab II membahas tentang Teori perkembangan dan penerapannya, selanjutnya dalam Bab III diuraikan bagaimana Pola Asuh dan Peran Keluarga, dan dalam Bab IV dijelaskan bagaimana cara mengembangkan Kecerdasan Emosional anak, dan pada Bab V menjelaskan tentang Kecerdasan Interpersonal dan selanjutnya Bab VI membahas Perkembangan Konsep Diri, termasuk Kepribadian anak.

Sekali lagi penulis merasa sangat bersyukur dapat menyelesaikan buku ini di sela-sela kegiatan rutin. Karena itulah pada kesempatan yang baik ini, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala BPSDM Provinsi DKI Jakarta, Ibu Dra.

Maria Qibtya, M.Si yang telah memberikan kesempatan yang berharga kepada penulis. Terimakasih dan penghargaan tinggi juga penulis sampaikan kepada orang-orang dalam kehidupan penulis, kepada Ibunda tercinta yang selalu mendoakan tak henti-hentinya untuk penulis, Suami, dan anak-anakku serta cucu tersayang yang dapat memahami atas berkurangnya waktu untuk bersama mereka dan dukungannya, sehingga penulis dapat menyelesaikan buku Golden Age Parenting ini.

Buku ini ditulis sebagai bahan bacaan awal bagi Guru dan calon Guru PAUD, para Orang Tua dan juga bagi mahasiswa yang ingin mempelajari perkembangan anak usia dini. Setelah membaca buku ini pembaca diharapkan memiliki pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini.

Diharapkan setelah membaca buku ini, pembaca yang mulia akan memahami bahwa mengajar, membimbing dan mengasuh anak tidak hanya persoalan bagaimana cara men-delivery materi kepada anak usia dini, akan tetapi juga bagaimana memahami jiwa dan proses tumbuh kembang anak, agar tergerak menemukan potensi dirinya dan mengembangkannya.

Akhirnya sebagai buah karya, buku ini tentu tidak terlepas dari kekurangan, penulis menyadari buku ini belum sempurna.

Namun penulis berharap, semoga buku ini dapat membantu para pengajar, Guru, Orang Tua, pembaca dan pemerhati perkembangan Anak Usia Dini yang mulia dan dapat memperoleh manfaatnya. Salam bahagia.

Penulis

Dr. Susy Setiowati, M.Pd - Dr. Susy Setiowati, M.Pd. lahir di sebuah kota yang terkenal dengan sebutan lembah Tidar yaitu tepatnya di Kotamadya Magelang Jawa Tengah, tanggal 12 Maret 1958. Lahir dari seorang ibu yang bernama C. Sugiharti dan Ayah Y. Goemono (Alm). Menikah dengan A.Y.

Pessy SiP, ST. dan dikaruniai dua orang anak laki-laki yaitu Darwin Setyawan, SPt; M.Kom dan Victor Witness Chandra, S. TI, MM. Dan telah dikaruniai seorang cucu laki-laki bernama Philipo Bonivacio yang berumur 5 tahun.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar
Daftar isi
Bab I Mengenal tumbuh kembang anak
     A. Periode Keemasan (Golden Age ) Anak
     B. Proses dan Periode Perkembangan Anak Usia Dini
Bab II Teori belajar dan perkembangan kognitif
     A. Teori Klasik Perkembangan
     B. Teori Pengkondisian Klasik Dan Belajar Sosial
     C. Teori Perkembangan Kognitif
     D. Peranan Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.
     E. Perkembangan Fisik dan Kognitif
Bab III Pola asuh dan peran keluarga
     A. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perilaku Anak
     B. Peran Keluarga dan Interaksi Dengan Orang lain
     C. Konflik Dalam Keluarga Perspektif Psikologi
Bab IV Menumbuhkan kecerdasan emosional anak
     A. Aspek Kecerdasan Emosional dan Pengaruh Perkembangannya
     B. Menumbuhkan Kecerdasan Emosi Anak
     C. Mengenal Perkembangan Sosio Emosional Anak
Bab V Kecerdasan interpersonal
     A. Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal
     B. Membentuk Karakter Anak Usia Dini
Bab VI Konsep diri anak
     A. Sejarah Konsep Konsep Diri
     B. Jenis – jenis dan Perkembangan Konsep Diri
     C. Tipe Kepribadian Manusia
Bab VII Penutup