Tampilkan di aplikasi

Buku TOPAZART hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. Conny R. Semiawan

1 Pembaca
Rp 91.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 273.000 13%
Rp 78.867 /orang
Rp 236.600

5 Pembaca
Rp 455.000 20%
Rp 72.800 /orang
Rp 364.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Prof. Dr. Conny R. Semiawan (6 November 1930-01 Juli 2021) adalah tokoh pen- didikan Indonesia yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai konseptor konsep belajar bernama CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang mulai diterapkan setelah Kurikulum 1984 berjalan. Pada tahun 2015, beliau menerima penghargaan UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi. Beliau merupakan tokoh pendidikan yang mempunyai pemikiran besar tentang pedagogi. Buku edisi khusus "Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. Conny R. Semiawan" ini bertujuan untuk mengangkat karya dari sejumlah akademisi, peneliti, dan praktisi mengenai pendidikan sejalan dengan pemikiran Prof. Dr. Conny R. Semiawan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ariesto Hadi Sutopo / Happy Indira Dewi / Hanafi / Widayanto / Yori Antar / Luluk Asmawati / Widyasari / Murniati Agustian / Siti Khadijah

Penerbit: TOPAZART
ISBN: 9786238827213
Terbit: Oktober 2022 , 125 Halaman










Ikhtisar

Prof. Dr. Conny R. Semiawan (6 November 1930-01 Juli 2021) adalah tokoh pen- didikan Indonesia yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai konseptor konsep belajar bernama CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang mulai diterapkan setelah Kurikulum 1984 berjalan. Pada tahun 2015, beliau menerima penghargaan UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi. Beliau merupakan tokoh pendidikan yang mempunyai pemikiran besar tentang pedagogi. Buku edisi khusus "Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. Conny R. Semiawan" ini bertujuan untuk mengangkat karya dari sejumlah akademisi, peneliti, dan praktisi mengenai pendidikan sejalan dengan pemikiran Prof. Dr. Conny R. Semiawan.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Prof. Dr. Conny R. Semiawan (6 November 1930 – 01 Juli 2021) adalah tokoh pendidikan Indonesia yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai konseptor konsep belajar bernama CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang mulai diterapkan setelah Kurikulum 1984 berjalan. Pada tahun 2015, beliau menerima penghargaan UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi. Beliau merupakan tokoh pendidikan yang mempunyai pemikiran besar tentang pedagogi.

Buku edisi khusus “Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. Conny R. Semiawan” ini bertujuan untuk mengangkat karya dari sejumlah akademisi, peneliti, dan praktisi mengenai pendidikan sejalan dengan pemikiran Prof. Dr. Conny R. Semiawan. Artikel berjudul “Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Berbasis Game” oleh Ariesto Hadi Sutopo menjelaskan bahwa game pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan siswa, Happy Indira Dewi, dkk menulis artikel berjudul “Pembelajaran Keluarga Maestro Sebagai Inspirasi Pembentukan Kreativitas Anak Berbakat Visual Art” yang memaparkan pembelajaran dalam keluarga sangat mempengaruhi pola pikir anak berbakat dalam pembentukan karakter, berpikir dan berkarya, imaginasi dan daya pikir yang luas, bermental tangguh, serta jiwa nasionalisme yang kuat.

Dari perspektif pendidikan anak usia dini, Luluk Asmawati menulis artikel berjudul “Kecerdasan Jamak Era Industri 4.0 Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Otak dan Literasi Digital”, yang menjelaskan bahwa aktivitas literasi digital berbasis kecerdasan jamak harus diajarkan, dilatihkan untuk menstimulasi potensi-potensi kecerdasan dominan yang dimiliki oleh setiap anak. Kecerdasan jamak berbasis digital menyiapkan anak usia dini dapat berkompetisi dan produktif di era artificial intelligence. Pada artikel berjudul “Kreativitas Digital dengan Augmented Reality untuk Menunjang Perkembangan Kognitif Anak” oleh Widyasari berbicara kreativitas digital dari sudut pekembangan kognitif anak. Murniati Agustian menyampaikan karyanya berjudul “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Multikultural”. Buku ini ditutup dengan tulisan karya Siti Khadijah berjudul “Multiple Intelligence dalam Perspektif Islam”.

Semoga buku ini dapat berkontribusi pada implementasi pemikiran pendidikan Prof. Dr. Conny R. Semiawan di Indonesia, khususnya dari perspektif pendidikan.

Jakarta, September 2022

Prof. Dr. Diana Nomida Musnir, M.Pd

Penulis

Ariesto Hadi Sutopo - Ariesto Hadi Sutopo telah menjadi peneliti dengan pendekatan kualitatif dalam bidang multimedia dan teknologi pendidikan lebih dari sepuluh tahun.

Dia telah mengerjakan berbagai proyek interaktif untuk PC, Web, dan perangkat mobile. Ariesto menggunakan NVivo dalam mengolah data penelitian yang dilakukannya. Dia juga telah menjadi nara sumber pada pelatihan pengolahan data kualitatif di berbagai lembaga pemerintah, institusi, maupun perguruan tinggi. Sebagai seorang peneliti dan dan pengembang multimedia, Ariesto juga berpartisipasi di berbagai pertemuan nasional dan internasional yang diikuti oleh para praktisi, peneliti dan pendidik, mengelola untuk membantu timnya mencapai kesuksesan sambil bereksperimen dengan ide-ide baru.

Ariesto memulai karir sebgai praktisi multimedia menggunakan Adobe Flash dengan pemrograman ActionScript dan telah mahir dengan game engine seperti GameMaker Studio. Sering kali dia berbagi pengalamannya dengan pengembangan miltimedia dan pertemuan ilmiah melalui website pribadinya www.topazart.info.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar
Editor
Daftar Isi
Bab 1 Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Berbasis Game
     1. Pendahuluan
     2. Pembelajaran Berbasis Game
          2.1 Pendekatan Pembelajaran Berbasis Game di Kelas
          2.2 Manfaat Menggunakan Game Dalam Pembelajaran
     3. Multiple Intelligence
     4. Hubungan Multiple Intelligence dengan Pembelajaran Berbasis Game
          4.1 Menghubungkan Multiple Intelligence ke Game Pembelajaran
     5. Kesimpulan
     Daftar Pustaka
Bab 2 Pembelajaran Keluarga Maestro Sebagai Inspirasi Pembentukan Kreativitas Anak Berbakat Visual Art
     1. Pendahuluan
          1.1. Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat Visual Art
     2. Pembelajaran Orang Tua Untuk Kreativitas Anak Berbakat Visual Art
          2.1 Pembelajaran Orang Tua Maestro
          2.2 Karakteristik Perilaku Belajar Maestro
     3. Kesimpulan
     Daftar Pustaka
Bab 3 Kecerdasan Jamak Era Industri 4.0 Anak UsiaDini Melalui Pembelajaran Berbasis Otak dan Literasi Digital
     1. Pendahuluan
     2. Kecerdasan Jamak di Era Industri 4.0
          2.1 Pengertian dan Karakteristik Kecerdasan Jamak
          2.2 Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kecerdasan Jamak
          2.3 Kecerdasan Jamak Berbasis Teknologi Pembelajaran
     3. Model Pembelajaran Berbasis Otak
          3.1 Struktur dan Fungsi Otak Manusia
          3.2 Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Otak
          3.3 Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Otak
     4. Literasi Digital Anak Usia Dini
          4.1 Generasi Z dan Pengertian Literasi Digital
          4.2 Teknologi Konstruktivis
          4.3 Aktivitas Literasi Digital Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Jamak
     5. Kesimpulan
     Daftar Pustaka
Bab 4 Kreativitas Digital dengan Augmented Reality untuk Menunjang Multiple Intelligence Anak
     1. Pendahuluan
          1.1 Pengembangan Augmented Reality
          1.2 Metode Pengembangan Augmented Reality
          1.3 Pengembangan Augmented Reality Menggunakan Assemblr
     2. Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
          2.1 Metode Pengembangan Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
     3. Pelatihan Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
     4. Multiple Intelligence dan Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
     5. Kesimpulan
     Daftar Pustaka
Bab 5 Peran Teknologi Pendidikandalam Pendidikan Multikultural
     1. Pendahuluan
     2. Teknologi Pendidikan
     3. Peranan Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Multikultural
     4. Kesimpulan
     Daftar Pustaka
Bab 6 Multiple Intelligences dalam Perspektif Islam
     1. Pendahuluan
     2. Kecerdasan Dalam Perspektif Al Qur’an
     3. Multiple-intelligences dalam Perspektif Islam
          3.1 Kecerdasan Verbal-Linguistik dalam Perspektif Islam
          3.2 Kecerdasan Logis-Matematis dalam Perspektif Islam
          3.3 Kecerdasan Visual-Spasial dalam Perspektif Islam
          3.4 Kecerdasan Kinestetis-Jasmani dalam Perspektif Islam
          3.5 Kecerdasan Musikal dalam Perspektif Islam
          3.6 Kecerdasan Interpersonal dalam Perspektif Islam
          3.7 Kecerdasan Intrapersonal dalam Perspektif Islam
          3.8 Kecerdasan Naturalis dalam Perspektif Islam
     4. Kesimpulan
     Daftar Pustaka
Cover Belakang