Triumph 900 Scrambler 2015, antara udara dan aspal

Tabloid Motor Plus - Edisi 901
8 Juni 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 901

Untuk cari tunggangan daily use alias harian yang cucok, memang harus sesuai selera. / Foto : Ivan

Motor Plus
Untuk cari tunggangan daily use alias harian yang cucok, memang harus sesuai selera. Apalagi Ricky Muhammad Taufik yang berprofesi sebagai pilot di salah satu maskapai penerbangan Tanah Air, juga hobi kustom. So, kudu pilih semplakan yang mudah didandani juga. Akhirnya pilihan jatuh pada Triumph 900 Scrambler. “Dari zaman sekolah, saya gemar main motocross. Nah, waktu itu pernah ada juga motor Triumph Truxton. Namun basisnya tidak bisa buat jerambah (blusukan). Makanya ketika nongol Tirumph 900 Scrambler, saya pilih ini, karena pas buat dimodifikasi jadi street track. Selain, bisa diajak turing disegala medan serta bisa juga buat harian,” ucap Kapten Pilot yang juga member Troupe ini.

Galery Motor (GATOR) dipercaya menyulap Triumph 900 Scrambler jadi street track. “Pengerjaan kurang lebih 1 bulan. Kebtulan tampilan Triumph 900 Scrambler ini menunjang banget buat gaya dual purpose. Jadi, hanya penambahan beberapa variasi handmade maupun aftermarket,” tutur Idho ‘Bule’, builder GATOR di Jl. IR. H. Juanda No. 30A, Ciputat, Tangerang Selatan. Body. Agar tampilan makin ciamik, tangki diganti pakai hasil bikinan Gator . Bahannya dari pelat galvanis setebal 2,2 mm. Kemudian di depan disematkan tameng berbentuk flat yang jadi salah satu ciri khas street track. Pada tameng itu ditanam dua projector yang dipasang secara vertikal dengan posisi asimetris. Bahannya juga pakai galvanis ukuran 2 mm. “Agar nuansa klasiknya kelihatan, pakai tangki maupun tameng itu sengaja tidak dicat. Hanya saja biar gak karatan, saya amplas halus lalu dilapis pernis secukupnya,” tambah Bule.

Knalpot. Basic knalpot motor Triumph 900 Scrambler yang konstruksinya menyamping di sisi kanan atas, dianggap pas dengan konsep yang dianut. Namun agar terlihat makin keren, silencer diganti pakai hasil custom GATOR . Bahannya dari pipa stainless steel setebal 2,5 mm, panjangnya sekitar 200 cm. Saringan dalammnya dibikin free flow agar raungan knalpot terdengar sangar.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI