Persiapan motor sebelum jalan jauh, empat sehat lima gembira

Tabloid Motor Plus - Edisi 904
29 Juni 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 904

Jika motor yang bakal sobat ajak menjadi partner adalah motor yang termasuk keluaran anyar alias di bawah 2 tahun, tentunya belum terlalu banyak ceklis (check list) yang diperhatikan. “Paling banter cuma tune up, servis injeksi dan servis CVT saja,” tukas Stefanus Martin dari bengkel Pandu Motor di bilangan Tipar, Cakung, Jakarta Timur.

Motor Plus
Perlakuan Sepeda Motor Saat Diangkut Diatas Kapal Lebih Baik Sedia Ratchet Tie Down, Untuk para pengguna sepeda motor yang melakukan perjalanan jauh saat libur lebaran nanti, ada baiknya sobat bawa ratchet tie down. Atau biasa juga disebut tali pengikat barang. Tali ini, biasa dipakai untuk mengangkut barang ataupun kendaraan di atas mobil towing atau ekspedisi. Cocok, buat sobat yang berpergian lintas pulau, yang mengharuskan menaiki kapal laut. Contoh perlakuan saat motor di atas kapal laut, tidak bisa sembarangan loh bor. Jangan asal parkir motor menggunakan standar samping di geladak kapal.

Karena bila menggunakan standar satu itu, posisi motor yang cenderung miring akan rentan jatuh saat kapal tidak stabil terkena gelombang air yang besar. Nah, buat motor-motor sport yang biasanya standar samping dan diikat menggunakan ratchet tie down. “Biasanya di geladak, parkir motor atau mobil di kapal laut ada tempat untuk mengikat kendaraan. Buat yang bawa motor sport, bisa mengikat kendaraannya menggunakan ratchet tie down disitu,” bilang Wahyu Timur, salah satu staf Dinas Perhubungan kota Bekasi, Jawa Barat.

Ratchet tie down ini, sangat mudah ditemukan di supermarket-supermarket penjual alat-alat berat, bahkan di toko-toko online pun tersedia. Harganya, berkisar mulai dari Rp 100 ribuan, tergantung bahan tali dan panjang tali. Menyimpan tali ini pun mudah, tidak banyak membutuhkan ruang kosong. Jadi cocok deh dibawa buat sobat yang ingin berpergian jauh. Jika motor yang bakal sobat ajak menjadi partner adalah motor yang termasuk keluaran anyar alias di bawah 2 tahun, tentunya belum terlalu banyak ceklis (check list) yang diperhatikan. “Paling banter cuma tune up, servis injeksi dan servis CVT saja,” tukas Stefanus Martin dari bengkel Pandu Motor di bilangan Tipar, Cakung, Jakarta Timur.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI