Gigi sentrik di road race belum banyak untuk sport 150 CC

Tabloid Motor Plus - Edisi 906
13 Juli 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 906

Trik memajukan timing buka-tutup kem di motor road race, salah satunya mengganti gigi sentrik model adjustable. / Foto : Yudi

Motor Plus
Trik memajukan timing buka-tutup kem di motor road race, salah satunya mengganti gigi sentrik model adjustable. Ini bikin bahan bakar bisa lebih cepat masuk ke ruang bakar dibanding gigi sentrik standar. Sehingga, power yang didapat bisa lebih diseting di rpm yang dikehendaki. Inget ya.., hanya memajukan buka-tutupnya saja, durasinya sama saja. Untuk bebek 110-125 cc dan skubek, sudah banyak merek yang bikin gigi sentrik ini. Untuk sport dan bebek 150 cc, masih belum banyak yang jual.

Makanya beberapa tim balap, harus mengkustom gigi sentrik ini biar bisa memajukan buka-tutup kem. “Di Yamaha YZF-R15, kita lebih suka mengkustom gigi sentrik, dengan cara mencoak lubang baut dan membuat O-ring dari besi sebagai dudukan gigi sentrik ke noken as,” cetus Marsudi, selaku Chief Mekanik tim Ice Hogo Stebo Racing Team. Beda tim, beda juga caranya. “Lebih enak pakai gigi sentrik yang sudah jadi! Kita tiggal pasang dan dial buka-tutup kem sesuai keinginan, enggak harus kustom, karena biaya kustomnya bisa lebih dari harga gigi sentrik aftermarket. Kalau untuk R15 dan MX King, kita bisa pakai UMA Racing dan Kitaco,” tukas Widya Krida Laksana alias Gendut sang Chief Mekanik tim Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera.

Sedangkan untuk tim Honda, pilihan gigi sentrik untuk kelas 150 cc belum ada yang jual. “Honda New Sonic 150R, masih pakai gigi sentrik standar, hanya saja kita kustom ulang dudukannya dan lubang bautnya dicoak 2 mm ke kiri dan 2 mm ke kanan, agar bisa menggeser timingnya,” tukas Mitayanto Sutanto Putro, Chief Mekanik Astra Motor Racing Team Jogja. Ternyata, memang beberapa merek yang ada di Indonesia, sedang melakukan riset dan tahap produksi untuk gigi setrik adjustable itu. “Kita sudah produksi gigi sentrik untuk Yamaha YZF-R15, V-ixion, Honda New Sonic 150R dan All New CBR 150R, kemungkinan setelah lebaran barang baru dateng,” janji Dodo Zulianto, selaku owner CLD.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI