Honda CBR250R 2011, apocal YPTIC racer

Tabloid Motor Plus - Edisi 963
18 Agustus 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 963

Builder Hongkingkong Custom Surabaya ini penggemar aliran steampunk ini. / Foto : Indramawan

Motor Plus
Hongkingkong (HK) benar-benar terlibat secara emosional dalam pengerjaan Honda CBR250R 2011 milik Radix Mulya, yang berkonsep cyberpunk ini. Pertama, karena builder Hongkingkong Custom Surabaya ini penggemar aliran steampunk. Yang kedua, dia coba memasukkan ajaran Shinya Kimura, master builder Jepang yang jadi idolanya. “Shinya selalu berkata, kalau motormu hanya menonjolkan satu bagian saja, dan bukan keseluruhan, maka itu artinya sebagai builder kamu gagal.

Tapi, sebaliknya jika motormu menonjol secara utuh dan punya flow, maka kamu berhasil!” begitulah penuturan HK, builder yang punya nama Tionghoa, Ahong ini. Dari sinilah, HK terpacu fokus pada tiap detail. Dan karena konsep yang diusung adalah cyberpunk, maka dia coba menyelami aliran yang merupakan pengembangan dari steampunk ini.

Indramawan Aliran steampunk bisa dibilang adalah science fiction atau science fantasy, yang menggabungkan teknologi dan desain estetika, yang terinspirasi mesin-mesin bertenaga uap, di era Victorian abad ke-19. Sementara Honda CBR250R 2011 (Surabaya) cyberpunk terinspirasi masa postapocalypse. Karena itu saya coba gambarkan bagaimana tampang motor di era perang nuklir nanti,” serius HK.

Ubahan paling tampak adalah bodywork galvanis, yang digarap lewat teknik monochrome rawmaterial dengan sedikit aksentuasi kuningan. “Biasanya kuningan dipakai pada aliran steampunk. Kali ini, saya tabrakkan dengan monochrome rawmaterial, untuk memberikan kesan cyberpunk,” jelas HK sambil menunjuk hornet.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI