Beli spare part online, gampang tapi wajib teliti

Tabloid Motor Plus - Edisi 965
5 September 2017

Tabloid Motor Plus - Edisi 965

Sebab, di dealer umumnya harus inden seminggu hingga sebulan. / Foto : Wawa

Motor Plus
Berkembangnya teknologi digital ikut memudahkan bikers. Salah satunya beli spare part atau aksesoris motor. Enggak perlu lagi keliling bengkel, cukup buka aplikasi jual-beli online barang yang dicari bisa didapat. “Hampir di semua situs jualbeli online ada yang jual part BRT. Memang itu bukan BRT langsung yang jual. Tapi, bengkel mitra kami yang memasukkan,” ucap Tomy Huang, bos BRT-Bintang Racing Team.

Adanya situs jual beli online ini memang sangat membantu. Terutama untuk mencari harga termurah dari barang yang sama. Tapi, sobat juga harus bersabar menunggu barang datang. Selain itu, harus lebih teliti ketika membeli barang secara online. “Harus pandai memilih jangan berpikir terlalu instan. Terutama wajib tahu barang yang mau dibeli seperti apa.

Sebab, belanja online yang dilihat cuma foto bukan barang fisik,” tutur Benny Saputra dari One3 Motoshop yang jual part aftermarket di beberapa situs online. Benny menambahkan, sebaiknya tidak semua part dibeli secara online. Pasalnya, beberapa part membutuhkan cara pemasangan khusus. Jadi, sulit kalau dibeli online karena sobat harus memasang sendiri.

Untuk beberapa part penting yang instalasinya sulit, Benny menyarankan tetap datang ke toko. Buat yang mau beli spare part orisinil di situs jual beli online harus pintar. Hasil pantauan Em-Plus, harga part orisinil di situs jual beli bisa lebih mahal dibandingkan harga dealer. Misalkan cover body depan Yamaha NMAX, harga di dealer cuma Rp 72 ribu. Kalau sobat beli secara online harganya bisa lebih dari Rp 100 ribu. Namun, beli online bisa lebih cepat sampai.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI