Serial membuat tangki aluminium, membentuk plat!

Tabloid Motor Plus - Edisi 995
28 Maret 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 995

Untuk english wheel pun bisa dibuat sendiri, lho. / Foto : Ketut

Motor Plus
Edisi sebelumnya sudah membahas bagaimana cara memotong plat sesuai bentuk yang diinginkan. Langkah selanjutnya membentuk plat sesuai yang kita inginkan. Bagian ini sangat membutuhkan ketrampilan tangan dan ketelatenan.

Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Seperti palu dan besi bantalan (gbr.1). Juga kayu sebagai bantalan (gbr.2), gunting plat dan paling extreme ada english wheel (gbr.3). Untuk english wheel pun bisa dibuat sendiri, lho. Contoh english wheel yang dirancang Sugiarto dari Bengkel Pro Tuner, Bali.

Milik pria yang akrab disapa Koko ini buatan sendiri menggunakan bekas barbel dan besi buatan sendiri. Bahkan pria asli Probolinggo, Jawa Timur inipun menggunakan bahanbahan yang dibeli di pasar loak untuk english wheel. Bahan-bahan tersebut tidak langsung dipakai, melainkan mesti dimodifikasi dulu. Khusus barbel, bagian terluarnya wajib dibubut agar tidak membentuk siku, melainkan setengah lingkaran.

Bagian lawannya juga sama yang mempunyai lingkar kecil, mesti dibubut setengah lingkaran dan diberi bearing di bagian asnya. Bagian ini juga harus tersambung dengan setelah drat dan harus bisa dikunci. Sehingga bisa naik-turun agar bisa mengikuti ketebalan plat yang akan dibentuk. Bisa dengan menggunakan long drat yang bisa dibeli di toko-toko teknik.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI