Tampilkan di aplikasi

Harley-Davidson WLA 1942, retno klasik berkelas

Tabloid Motor Plus - Edisi 1024
17 Oktober 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1024

Pemilihan cat juga enggak sembarangan. Perpaduan warna merah hati diberikan di sekujur bodi, rangka, sampai pelek. / Foto : ONNO WIERINGA

Motor Plus
AMD memang ditunggu oleh para builder dari seluruh dunia untuk menampilkan modifikasi motor kustom terbaiknya. Pada tahun 2018, AMD yang digelar di Koelnmesse, Koln, Jerman, juga diselenggarakan bersamaan dengan pameran motor terbesar di Jerman, Intermot 2018.

Salah satu pemenang di kelas Retro Modified datang dari Italia, builder yang berhasil mengangkat piala itu adalah Verner Ortis dari VM Cycles sekaligus owner motor. Dengan menggunakan basic Harley- Davidson WLA 1942 yang diberi nama VVM 003/16, doi menghasilkan karya yang klasik namun berkelas. Extremely high quality field.

SOK DEPAN HANDMADE. Secara basic, WLA memang diperuntukan untuk militer. Oleh Ortis, rangka asli masih dipertahankan, hanya saja untuk sok depan tipe spring standar diubah menjadi lebih klasik model girder bahan stainless steel. Batang rod dimodif sedemikian rupa agar berbeda dengan aslinya. Modifikasi juga dilakukan di bagian pengereman depan dan belakang yang menggunakan kustom handmade dari VM Cycles.

MESIN DAN PENERUS DAYA. Urusan mesin, Ortis juga masih tetap memepertahankan mesin original tipe Flathead SV750. Di bawah jok ditempatkan tabung bulat yang juga berbahan stainless steel. Bagian silinder head pun dipoles agar nuansa klasik makin terasa.

WLA sebelumnya menggunakan transmisi berpengerak rantai di bagian kanan. Sekarang, keseluruhan penerus daya mesin atau drive train diganti total dengan menggunakan milik BSA military M20. Dengan demikian, rantai roda pindah ke bagian kiri.
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI