Tampilkan di aplikasi

Step By Step Upgrade Suzuki GSX150 Bandit, riding harian makin jengat!

Tabloid Motor Plus - Edisi 1026
31 Oktober 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1026

Step by step untuk meningkatkan performa motor yang baru saja di-launching dan dijual seharga Rp 26 juta / Foto : TEGUH

Motor Plus
Walau sudah menggendong mesin yang powerfull seperti sang kakak GSX-R150, pasti banyak yang menginginkan tenaga lebih kan? Nah, kali ini MOTOR Plus membagikan step by step untuk meningkatkan performa motor yang baru saja di-launching dan dijual seharga Rp 26 juta (OTR Jakarta).

“Sebenarnya banyak sektor yang bisa diubah menjadi lebih powerfull. Hal ini karena secara bentuk mesin yang kompak dan pilihan part racing yang kini mulai banyak di pasaran,” ucap Danu Andri Wibisono, owner sekaligus juru korek Duta Motor Sport (DMS). Yuk nih detailnya sob.

Piston Kawasaki ZX-6R. Trik pertama yakni dengan langkah bore-up. Memperbesar isi silinder pastinya tenaga motor akan melonjak lebih signifikan. Untuk standarnya, GSX150 Bandit berdiameter piston 62 mm, sedangkan piston Kawasaki ZX-6R berdiameter 67 mm. Dengan demikian, kubikasi silinder jadi 171,96 cc dengan langkah piston standar 48,8 mm.

Diameter pen piston juga sama-sama 15 mm, hanya perlu memotong panjangnya sekitar 5 mm. “Enaknya lagi piston ini sudah tipe forging dan lebih pendek dari piston standar, kalau nanti mau naik stroke jadi gampang. Kalau pakai stroke standar mendem piston 1,5 mm” tambah Wibi, panggilan akrab pria satu anak ini.

Pemasangan piston ini harus mengganti boring silinder dengan diameter lebih besar. Doi menyarankan menggunakan liner silinder asli mobil diesel agar kuat panas dan tahan gesek. Dan jangan lupa juga coak sedikit liner di bagian bawah untuk oli yang menyemprot ke bawah piston.

Noken As Kustom. Buka-tutup klep yang diatur oleh dua noken as atau DOHC (Double Over Head Camshaft) ini juga mudah untuk dibentuk ulang. Untuk durasinya tinggal dibuat jadi 240 derajat untuk bubungan in dan ex. “Untuk harian, lift aman di angka 8 mm. Jangan lupa juga set ketebalan shim klep dengan celah klep 0,10 mm untuk in dan 0,15 mm untuk ex,” bebernya.
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI