Tampilkan di aplikasi

Pasang disc brake Vespa klasik, bisa pakai cakram Supra

Tabloid Motor Plus - Edisi 1028
14 November 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1028

Untuk parts, bisa menggunakan dari motor Jepang-an. / Foto : CATUR

Motor Plus
Vespa klasik sistem pengeremannya pasti dirasa kurang oke. Karena masih menggunakan rem tromol. Nah, bengkel bernama Mas Mul sudah upgrade sistem pengereman Vespa jadi disc brake sejak 2001. Waw...

“Awalnya sih pasang untuk Vespa sendiri. Waktu itu belum ada parts plug and play buat masang disc brake di Vespa klasik. Makanya coba custom, dan ternyata berhasil,” ucap Muliadi, sang pemilik bengkel.

Untuk upgrade sistem pengereman model cakram ternyata caranya cukup simple. Tidak ada ubahan terlalu rumit yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Hanya membubut tromol asli untuk membuat dudukan disc agar terpasang rapi.

Untuk parts, bisa menggunakan dari motor Jepang-an. Seperti slang rem menggunakan bawaan KLX 150 karena panjangnya mencapai 130 cm. Serta master rem dan kalipernya universal. Sesuai kebutuhan. Cakram yang sering digunakan untuk Vespa klasik yang plug and play bisa menggunakan milik Honda Supra.

Proses pengerjaannya memakan waktu kurang lebih satu minggu. Tergantung ketersediaan parts yang akan digunakan. Agar sistem pengereman dapat sempurna, Mul memperhitungkan letak dudukan bracket disc agar dapat stabil ketika melakukan pengereman. Pasalnya Vespa masih menggunakan single fork. Untuk budget pemasangan disc brake, harga yang dipatok Rp 1 jutaan. “Namun kembali lagi ke customer,
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI