Tampilkan di aplikasi

Royal Enfield Bullet 500, panggil aku 'putra petir'

Tabloid Motor Plus - Edisi 1029
21 November 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1029

Pelepas gas buang juga beda dari yang lain. Anti mainstream ini diberikan David di knalpot motor keluaran 2018 ini. / Foto : RYAN

Motor Plus
Silau seperti sambaran petir, begitulah cerminan motor yang dibangun oleh Elders Garage. Nama Elders Garage sudah tidak diragukan lagi dalam menghasilkan motor-motor kustom terlebih bergenre Chopper, salah satunya motor miliki Suryono Wijoyo asal Manado, Sulawesi Utara ini.

“Saat beli Royal Enfield Bullet 500, aku gak mau tampilannya standar dan sama dengan yang lain. Makanya, aku percayakan ke Elders Garage untuk kustom jadi Chopper,” ucap Suryono, sang owner motor.

Diracik tangan dingin builder David Zutur dan kawan-kawan, kini motor yang diberi nama ‘Putra Petir’ ini, menghadirkan dimensi baru dalam modifikasi Chopper. “Banyak hal yang aku kustom beda dari chopper pada umumnya, dan 95% di motor ini semuanya full handmade,” buka David Zutur. Ryan

FRAME RIGID DAN ENGINE MOUNTING. Rangka asli sudah pasti tidak dipakai lagi, gantinya, David merancang keseluruhan frame rigid yang sudah menjadi identitas chopper. Menggunakan bahan pipa seamless berdiameter 42 mm tebal 2 mm untuk mainframe dan pipa seamless 27 mm tebal 2 mm untuk subframe.

“Di Elders Garage, semua subframe knockdown, untuk penyambungnya pakai sistem baut. Tapi kekuatannya sudah teruji, aman untuk dibawa harian. Sebagai detail, di bawah tangki sebagai penguat frame, dibikin seperti huruf Z simbol petir. Kemudian, engine mounting pakai plat aluminium seri 1100 dengan tebal 10 mm, agar terkesan kekar,” tambah pria brewokan ini.
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI