Tampilkan di aplikasi

Istana Quseir Amra Jordan tetap jadi warisan dunia

Majalah Mulia - Edisi 5/2018
8 Mei 2018

Majalah Mulia - Edisi 5/2018

Istana Quseir Amra Jordan dianggap sebagai simbol arsitektur Islam yang agung. / Foto : World Monuments Fund

Mulia
Yordania memiliki banyak istana padang pasir. Umumnya dibangun oleh Dinasti Umayyah. Seperti Qasr Azraq, Qasr al Qastal, Qasr al Muwaggar, Qasr Hammam ash Sarah, Qasr Tuba, Qasr Mshatta serta istana-istana lainnya. Kabanyakan lokasinya di timur dan utara Yordania. Kastil-kastil atau istana kuno ini dibangun di padang pasar, menyerupai sebuah benteng kecil. Daerah tempat dibangunnya dahulunya merupakan propinsi Bilad ash Sham.

Meliputi sebagian Yordania, Israel, Palestina, dan Suriah moderen. Diantara yang menjadi tujuan banyak penelitian sejarah adalah Istana Qasr Amra atau juga disebut Quseir Amra atau Qusayr Amra, sebuah bangunan awal Bani Umayyah abad ke-8 yang dikenal karena lukisan dindingnya yang terawat sangat baik. Ini dianggap sebagai salah satu contoh paling penting yang dianggap seni dan arsitektur di awal Islam.

Qasr Amra terletak di sisi utara dari Yordania Highway 40, sekitar 85 kilometer (53 mil) dari Amman dan 21 kilometer (13 mil) barat daya dari Al-Azraq. Istana ini memiliki area yang luas dipagari kawat berduri. Tempat parkir beraspal terletak di sudut tenggara. Terdapat loket untuk masuk ke dalam lokasi istana.

Ini ‘kastil gurun’ dengan langitlangit berkubah tiga digunakan sebagai tempat ‘berkhalwat’ oleh khalifah atau tempat pangeran untuk olahraga. Dibangun dari batu kapur dan basal, dari luar bangunan Istana Qasr Amra tidak terlihat istimewa. Pengunjung akan disambut beberapa lukisan-lukisan dinding.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI