Tampilkan di aplikasi

Mengenal dan menjauhi langkah setan

Majalah Mulia - Edisi 02/2020
6 Februari 2020

Majalah Mulia - Edisi 02/2020

langkah

Mulia
Makhluk yang harus diwaspadai dan benarbenar disadari keberadaannya sebagai musuh adalah setan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari sikap dedengkot setan itu sendiri, yakni Iblis yang benarbenar berupaya menyesatkan umat manusia dari kebenaran.

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ هُمْ مِنْ بَيْنِ ثُمَّ لَآتِيَنَّ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ
“Iblis menjawab, ‘Karena Engkau telah menghukumku tersesat, maka saya benar-benar akan (menghalanghalangi) mereka dari jalan-Mu yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.” (QS. Al- A’râf [7]:16-17).

Sebuah tafsir menjelaskan bahwa kalimat, “Saya akan benar-benar duduk untuk mereka di jalan-Mu yang lurus,” berarti bahwa ia akan selalu duduk di jalan itu secara terus-menerus. Iblis benar-benar akan menghalang-halangi umat manusia untuk menuju jalan Allâh Azza wa Jalla yang lurus.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI