Tampilkan di aplikasi

3 Hal penting dalam bekerja

Majalah Mulia - Edisi 02/2021
23 Februari 2021

Majalah Mulia - Edisi 02/2021

Bekerja

Mulia
Tidak sedikit orang bekerja dengan hanya fokus pada berapa dan apa yang akan didapatkannya, sehingga jarang di antara mereka yang demikian pandangan hidupnya dapat betah apalagi berprestasi dan berpengalaman di dalam bekerja.

Namun hal itu kini tampak seakan dimaklumi dengan hadirnya istilah milenial, yang cenderung tidak bisa bertahan lama di satu bidang pekerjaan. Selalu ingin dan akan mengambil tantangan demi tantangan.

Sepintas seperti wajar, tetapi perlu kita lihat lebih dalam, benarkah yang demikian itu? Yang pasti, manusia butuh fokus bahkan memerlukan prinsip dalam hal apapun, terlebih di dalam bekerja.

Secara mendasar ada tiga hal yang penting diperhatikan. Pertama niat, ini berhubungan dengan keyakinan dan kepercayaan hati seseorang perihal ridha siapa yang hendak dicarinya, apakah manusia apakah Allah Ta’ala. Kedua, cara. Bekerja dengan baik itu wajib, tetapi Islam juga menekankan pentingnya memperhatikan cara. Di sini ada hukum, halal dan haram.

Ketiga, tujuan. Bekerja bukan semata mencari uang, popularitas dan segala hal yang dalam pandangan Islam semu. Bekerja harus didasari tujuan beribadah kepada Allah Ta’ala. Mengapa orang korupsi, malas, dan tidak produktif serta tidak bertanggungjawab, boleh jadi tiga hal mendasar ini tidak hadir di dalam dirinya.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI