Tampilkan di aplikasi

Siapkan dengan tepat agar mpasi tetap sehat

Tabloid Nakita - Edisi 901
11 Juli 2016

Tabloid Nakita - Edisi 901

Mudik yang butuh waktu panjang di perjalanan bukan halangan bagi Mama untuk tetap memberikan MPASI sehat kepada si kecil tersayang. Begini cara menyiapkannya. / Foto : istock

Nakita
Sebelum mempersiapkan MPASI yang akan Mama bawa untuk perjalanan mudik, Mama perlu tahu lebih dahulu mengenai pemberian makan kepada bayi atau batita di perjalanan. Bila selama ini si kecil memiliki jadwal makan yang teratur, seperti makanan besar/ utama sebanyak tiga kali diselingi dengan camilan sebanyak dua kali, maka perjalanan panjang bisa saja membuat jadwal makan menjadi tak sama lagi. Apalagi, memberikan MPASI saat mobil, bus, atau kereta melaju, bisa berisiko membuat si kecil mual atau tersedak. Terlebih bila si kecil rentan mengalami mabuk perjalanan.

Nah, agar pemberian MPASI menjadi lancar, sebaiknya dilakukan saat kendaraan berhenti atau saat sedang terjebak macet panjang. Tentu, untuk menunggu kendaraan berhenti, khususnya kendaraan umum, bisa saja tak sesuai dengan jadwal makan si kecil. Begitu pun perjalanan yang dilakukan dengan pesawat, meski terbilang cepat, mudik yang membutuhkan waktu lebih dari satu jam bisa menjadi kegiatan yang melelahkan bagi si kecil, sehingga bukan tak mungkin si kecil menjadi tak nafsu makan dan akhirnya memilih-milih makanan yang ia suka saja.

Dengan demikian, bila selama perjalanan, jadwal makan si kecil menjadi sedikit berantakan, masih wajar, kok, Ma. Namun, agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi, Mama bisa menyiasatinya dengan mempersiapkan MPASI penuh nutrisi. Kemudian, selama kendaraan melaju, Mama bisa memberikan si kecil camilan dan susu sebagai pelengkap nutrisi.menu Favorit Si Kecil Tidak Mudah Basi Perjalanan mudik bukanlah waktu yang tepat untuk mengenalkan jenis makanan baru bagi si kecil. Bisa-bisa si kecil menolak makan karena lidahnya belum familiar dengan makanan yang Mama siapkan.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI