Tampilkan di aplikasi

Memahami abses

Tabloid Nakita - Edisi 904
8 Agustus 2016

Tabloid Nakita - Edisi 904

Abses, dalam bahasa awam sering disebut bisul yang bernanah. Bisa menyerang si kecil bila kebersihan diri dan lingkungan kurang diperhatikan. / Foto : Thinkstock

Nakita
Abses atau bisul adalah suatu penimbunan nanah. Biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri atau pada beberapa kasus bisa disebabkan parasit. Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi. Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi. Sel-sel darah putih yang merupakan pertahanan tubuh dalam melawan infeksi, bergerak ke dalam rongga tersebut dan setelah menelan bakteri, sel darah putih akan mati. Sel darah putih yang mati inilah yang membentuk nanah, yang mengisi rongga tersebut. Timbunan nanah pada abses selalu diliputi oleh “kapsul” atau lapisan khusus yang melingkupi sekumpulan nanah.

Jadi, dikatakan abses apabila ada sekumpulan nanah, dibalut lapisan seperti kapsul, serta didahului oleh proses infeksi bakteri atau parasit. Bisa Di Semua Organ Tubuh Abses bisa terjadi di hampir semua organ tubuh. Yang paling sering, terjadi pada jaringan di bawah kulit, yang lazim disebut “bisul”. Abses juga bisa terjadi di jaringan otak, hati, paru, ginjal, gigi, tonsil, tenggorokan, payudara, vagina dan sebagainya. Beberapa kepustakaan menyebutnya sebagai deep abscess. Abses sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh akibat adanya benda asing ataupun mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh.

Seperti dijelaskan di awal tulisan, reaksi perlawanan tubuh dimulai dengan mengerahkan sel darah putih atau leukosit menuju ke lokasi adanya kuman. Selanjutnya leukosit akan mengeluarkan zat-zat khusus semacam enzim yang tidak hanya membunuh atau melemahkan bakteri, tetapi juga akan merusak jaringan di sekitarnya. Perlu diketahui nanah yang terbentuk merupakan hasil akhir dari perlawanan leukosit terhadap kuman. Di dalam cairan nanah akan kita temui beberapa materi, yaitu leukosit (baik yang masih hidup maupun yang sudah mati), jaringan sekitar yang mengalami kerusakan, serta bakteri, ataupun benda asing lain.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI