Tampilkan di aplikasi

2 strategi jitu menghadapi si bayi kembar

Tabloid Nakita - Edisi 913
28 September 2016

Tabloid Nakita - Edisi 913

Merawat satu bayi saja sudah cukup menakutkan, apalagi memiliki dua (atau lebih) bayi dalam satu waktu. Namun tenang, ada strategi yang bisa Mama lakukan!

Nakita
Dengan bayi kembar, semua kebutuhan itu menjadi dobel, bahkan lebih. Dan yang pasti, Mama butuh lebih banyak dukungan dari yang bisa diberikan Papa. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan saat memiliki bayi kembar? Pertama- tama, tetaplah menjaga kepala Mama tetap dingin. Saat rasa frustrasi mulai melanda, hindari menimpakan kekesalan itu kepada Papa, atau pada diri Mama sendiri. Alih-alih, buatlah rencana ke depan berupa strategi jitu (dengan bantuan artikel ini!). Pastikan Mama memiliki sanak kerabat atau teman yang bisa dimintai bantuan kapan pun Mama membutuhkannya.

Beri tahu mereka dengan jelas apa yang tepatnya Mama butuhkan. Jangan segan meminta bantuan saat Mama membutuhkannya. Hal lain yang sebaiknya dilakukan saat memiliki bayi kembar adalah meluweskan standar Mama. Mama harus berteman dengan kenyataan bahwa Mama tidak akan punya cukup waktu untuk membuat rumah bersih cemerlang. Ada baiknya, selama tiga bulan pertama, Mama berkonsentrasi hanya pada perawatan dan perkembangan bayi-bayi Mama. Dengan begitu, Mama terhindar dari rasa stres yang tidak penting. Pertimbangkanlah untuk meminta bantuan saudara, ibu, atau ibu mertua untuk memasak. Selain itu, Mama juga bisa mempekerjakan asisten rumah tangga untuk mencuci, membersihkan rumah dan melakukan tugas rumah tangga lainnya yang akan sangat meringankan beban Mama.

Di atas semua kerepotan itu, yang Mama perlu ketahui adalah strategi menghadapi si kembar. Kalau menurut Natalia Diaz, pendiri situs Twiniversity dan Direktur Manhattan Twins Club, di tahun pertama si kembar, mamanya “hanya” perlu mengetahui dan melaksanakan dua strategi besar, yaitu strategi memberikan ASI dan strategi menidurkan.bYuk, kita bahas strategi tersebut satu per satu, seperti yang ditulis Diaz dalam bukunya, What to Do When You're Having Two: The Twins Survival Guide from Pregnancy Through the First Year (Avery Publisher, New York, 2013)
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI