Tampilkan di aplikasi

5 aturan ber-gadget

Tabloid Nakita - Edisi 920
17 November 2016

Tabloid Nakita - Edisi 920

Dengan menerapkan 5 aturan bergawai, anak akan aman berselancar di dunia maya maupun nge-game.

Nakita
1. Gunakan gadget sesuai anak Idealnya, hingga usia 5 tahun, anak tidak diberikan gadget, kecuali dalam kondisi yang tidak memungkinkan dan itu pun harus dengan pendampingan. Misalnya, saat menunggu dokter sementara anak harus duduk tenang, boleh saja Mama Papa memberikan gadget, tetapi tidak dalam waktu lama, cukup 1o—15 menit saja, dan tetap didampingi. Di atas 6 tahun, anak boleh mulai menggunakan gadget. Utamakan penggunaannya sebagai penunjang produktivitas.

Contoh, membantu anak mendapatkan informasi dan pengetahuan di luar sekolah, seperti, mencari referensi pengetahuan dari internet. Boleh juga untuk hiburan dari ponsel, semisal, mendengarkan lagu-lagu favoritnya. Namun waktunya tak boleh terlalu lama, cukup 1 jam sehari. Kita pun harus tetap mendampinginya dan mengarahkannya, jangan sampai ia mengakses situs-situs bernuansa porno dan kekerasan.

Mulai usia 11 tahun, anak boleh menggunakan ponsel atau gadget dengan lebih leluasa sambil kita melatihnya bertanggung jawab atas diri. Untuk itu, buatlah aturan/kesepakatan bersama dan minta anak mematuhinya. Contoh, berapa jam dalam sehari anak boleh bergadget, situs-situs apa saja yang terlarang dikunjungi olehnya, tidak boleh bermedia sosial hingga usia 18 tahun, menyaring pertemanan, dan lainnya. Jika ia melanggar, beri hukuman yang telah disepakati saat pembuatan aturan/kesepakatan.

2. Hadirlah disisi anak Mama Papa selalu berusaha hadir lebih dekat di sisi anak dan mendampinginya saat “harus” bergadget. Arahkan dan kontrol apa saja yang boleh dilihat atau dimainkannya. Di usia balita, anak mulai peka terhadap lingkungan, baik di rumah maupun lingkungan bermain dengan anak seusianya. Berikan pengertian kepadanya bahwa tontonan yang dilihatnya bukan nyata, tetapi sekadar tontonan yang bisa dijadikan pengalaman menyenangkan. Masuk usia 4—5 tahun, anak akan lebih kritis dalam memilih situs atau tontonan yang mereka inginkan.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI